Breaking News
Home / Advetorial / Pengenalan Budaya Lokal Harus Dilakukan Sejak Dini

Pengenalan Budaya Lokal Harus Dilakukan Sejak Dini

 

open-ok-web

KUTAI KERTANEGARA – Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara H Rudiansyah mengatakan, peran untuk mempertahankan budaya lokal harus senantiasa digalakkan sejak dini.

Menurut Rudi, hal ini tidak terlepas dari unsur penguatan identitas suatu daerah dan budaya itu sendiri merupakan harta yang tak ternilai harganya.

“Kearifan lokal, budaya berbasis pendidikan dan adat istiadat yang kita punya wajib hukumnya untuk kita jaga dan lestarikan,” katanya, selasa (02/11).

Politisi Partai Gerindra ini menyebutkan, hasil dari studi komparatif ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang dilakukan pekan lalu bersama Ketua DPRD Salehuddin beserta kerabat keraton dan persatuan lembaga adat budaya Sempekat Keroan Kutai, memperoleh informasi bahwa budaya memegang peranan penting dalam kemajuan suatu daerah.

“Selain banyak nilai-nilai moral yang diajarkan, budaya juga menyadarkan kita bahwa hubungan antar sesama manusia, manusia dengan alam serta manusia dengan Tuhannya merupakan landasan fundamental yang tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya,” sebutnya.

Maka dari itu untuk mengembalikan peran budaya menjadi fundamental suatu daerah, Rudi berkeyakinan hal itu bisa dicapai jika seluruh stake holder yang ada, baik pemerintah daerah, DPRD, tokoh masyarakat, pihak swasta serta masyarakat dari kalangan atas sampai bawah terus bekerjasama dalam hal mempertahankan budaya.

“Sejarah tidak boleh dihapus, karena bicara tentang kemarin, hari ini dan nanti. Jika flashback pada masa lampau, kita Indonesia dengan banyak macam suku dan budaya bisa bersatu teguh dan erat memegang teguh rasa persatuan dan kesatuan bangsa,” jelasnya.

Rudi memamparkan bahwa Kutai sebagai kerajaan tertua di nusantara dan Keraton merupakan benteng terakhir menjaga nilai budaya bangsa. “Selain untuk mempererat, budaya juga berperan untuk menghasilkan sesuatu baik seni, cita rasa, sosial, hingga berdampak signifikan untuk pertumbuhan ekonomi di Kukar. Maka dari itu kita semua berkewajiban menjaga dan melestarikan budaya Kutai yang kita miliki,” pungkas Ruddy. [] Hms/Advetorial

653 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini

About fajar

fajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa