Balap Motor Jadi Magnet Wisata Kukar

Sekkab Kukar Sunggono saat membacakan sambutan tertulis Bupati Kukar Edi Damansyah. Karena jadi magnet wisata, Bupati berharap road race dapat dilaksanakan setiap tahun.

 

KUTAI KARTANEGARA – Ajang road race terbuka Bupati Cup Piala Sultan Kutai ing Martadipura yang digelar Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), perlu dilaksanakan setiap tahun karena menjadi magnet wisata bagi daerah.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kukar Sunggono saat membacakan sambutan Bupati Kukar Edi Damansyah dalam pembukaan balap motor terebuka  yang berlangsung dari Sabtu (17/09/2022) hingga Minggu.

“Semoga even ini bisa digelar setiap tahun, selain menjadi ajang balapan, even ini juga menjadi magnet pariwisata di Kukar,” ujar Sunggono membacakan sambutan bupati, di atas panggung balap yang berlokasi di Kompleks Stadion Aji Imbut, Tenggarong Seberang, pada Sabtu pagi.

Selain dihadiri Ketua IMI Kukar Adi Nugroho dan Sekretaris Aji Ades, acara seremonial pembukaan open race itu juga dihadiri Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kukar Aji Ali Husni, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Rahman, Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0906 Kukar Letkol Inf Jeffri Satria, Wakil Kepala Kepolisian Resor (Wakapolres) Kukar Polres Kompol Angga Indarta.

“Terima kasih kepada panitia yang telah mempersiapkan open race, terima kasih kepada pengurus IMI Kukar, semoga ajang membantu meminimalkan kenakalan remaja serta memberi ruang bagi para pembalap untuk berpacu di arena yang dipersiapkan,” papar Sekkab.

Suasana usai pembukaan roadrace. Tampak Sekkab Kukar Sunggono sedang berbincang dengan Kodim 0906 Letkol Inf Jeffri Satria (tengah).

 

Sementara Ketua Koni Kukar Rahman, mengapresiasi pelaksanaan lomba balap motor yang diikuti 280 peserta dari sejumlah daerah di Kaltim, yakni dari Balikpapan, Bontang, Kutai Timur, Berau dan dari Kutai Kartanegara.

“Karena ini kepengurusan yang baru, buat saudara Adi (Ketua IMI Kukar Adi Nugroho, red), selamat melaksanakan,” ujar Rahman saat diwawancara awak media usai acara pembukaan road race.

Dikatakannya, sudah sekitar empat tahun even balap motor vakum, di antaranya karena masalah Pandemi Corona Virus Deseases 2019 (Civid 19) dan ajang balap motor yang digelar kali ini merupakan bentuk pembinaan atlet menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) yang digelar November mendatang di Kabupaten Berau.

“Terus bina atlet yang ada di Kukar, karena sebentar lagi kita akan menghadapi Porprov. Semoga yang ditargetkan IMI Kukar bisa tercapai dan even ini bisa dilaksanakan setiap tahun,” ujar Rahman.

Sementara sirkuit balap motor yang disiapkan panitia adalah sirkuit sementara yang dibuat di atas jalan lingkar Kompleks Stadion Aji Imbut. Panitia berharap dalam even road race selanjutnya sirkuit balap yang digunakan dapat lebih baik lagi. []

Reporter: Anggi Triomi
Editor: Hadi Purnomo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.