Breaking News
Home / Hiburan / Lomba Foto Meriahkan Erau 2014

Lomba Foto Meriahkan Erau 2014

20120611kukarabadikanha

Kabar gembira bagi penggemar dan penghobi fotografi. Selain dapat menyaksikan wisata budaya sekaligus menyalurkan hobi, Erau Adat Kutai International Folk Art Festival (EIFAF) 2014 yang dilaksanakan pada 15-22 Juni, juga jadi ajang unjuk kemampuan hasil karya lewat Lomba Foto Beautiful EIFAF 2014.

“Lomba foto EIFAF 2014 adalah bentuk kepedulian dan pembinaan industri kreatif di bidang fotografi. Diharapkan dapat memberikan informasi daya tarik wisata budaya kepada wisatawan dan lebih memperluas publikasi potensi wisata budaya EIFAF,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kukar Sri Wahyuni, juga sebagai penyelenggara lomba foto, ketika dihubungi Senin (2/6).

Dalam lomba foto EIFAF 2014, Disbudpar Kukar bekerja sama dengan BPD Kaltim Tenggarong, menggandeng komunitas-komunitas fotografi di Kukar, seperti Insta Kukar, Miniwalk Borneo, Rana Smansa, dan Lensa Kukar. Adapun ketentuan lomba, peserta terbuka untuk umum. Foto diambil saat EIFAF dari 14-23 Juni 2014.

Peserta boleh mengirimkan hasil karya maksimal lima foto ukuran sisi panjang 1.500 megapixel (foto horizontal) dan 1.000 megapixel (foto vertical) atau ukuran maksimal 1 megabyte. Format file adalah JPEG dengan resolusi 300 dpi. Sedangkan format penulisan nama file adalah nama peserta(spasi)judul foto(spasi)HP Peserta.JPG. Contoh: fandi(spasi) belimbur(spasi)085250000.

Dikatakan, foto yang ikut lomba, dikirim ke E-mail: lombafotoeifaf@ gmail.com. Peserta tidak diperkenankan mengirim foto karya orang lain, juga dilarang mengirim foto dengan menggunakan nama atau alamat orang lain. Dikatakan Sri, penjurian dilakukan fotografer profesional yang juga pendiri Kamera Lubang Jarum Indonesia Ray Bahtiar Dradjad, BPD Kaltim Cabang Tenggarong, serta Kadisbbudpar Kukar.

Salah satu penilaian pemenang foto favorit ditentukan banyaknya polling masyarakat. “Hal itu dimaksudkan untuk lebih mendorong partisipasi dan menumbuhkan minat komunitas maupun masyarakat memajukan fotografi di Kukar,” ujarnya. Adapun jadwal lomba foto berupa pengiriman karya peserta dilakukan 24 Juni-8 Juli 2014, penentuan nominasi 9-15 Juli 2014, sedangkan poling foto favorit 15 Juli-15 Agustus 2014.

Adapun penjurian dilaksanakan 18-23 Agustus 2014. Pengumuman pemenang dijadwalkan 25 Agustus 2014, serta penyerahan hadiah 28 September 2014. Nominasi foto dan pemenang lomba diberitahukan melalui E-mail peserta dan ditayangkan dalam website www.visitingkutaikartanegara. com, serta Facebook Visiting Kutai Kartanegara.

Sri mengatakan, pengiriman dukungan atau polling foto favorit dilakukan dengan menyatakan tanda suka terhadap foto finalis melalui Facebook Visiting Kutai Kartanegara. Sementara foto finalis dan pemenang lomba menjadi milik panitia. Pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai dengan nilai beragam, Rp 2 juta hingga Rp 7 juta menurut tingkat prestasi peserta.

Informasi Beautiful Erau 2014 dapat diperoleh di Disbudpar Kukar, Jalan Wolter Mongunsidi Komplek Perkantoran Bupati Gedung B Lantai 3, Cq Seksi Data dan Informasi, dan Sekretariat EIFAF/ TIC Jalan Diponegoro/Planetarium Jagad Raya Tenggarong. [] RedFj/KP

About Nursiah Nursiah