Gubernur Cornelis Terima Penghargaan Peduli Konsumen

Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mendapat penghargaan Peduli Konsumen dari Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito

PONTIANAK-Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mendapat penghargaan Peduli Konsumen dari Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito yang diserahkan Kepala Dinas Perdagangan Kalbar, M Ridwan. Pemberian penghargaan ini bertepatan dengan peringatan Hari Konsumen Nasional 2017 yang digelar di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (3/5/2017).

Pemberian penghargaan ini bertepatan dengan peringatan Hari Konsumen Nasional 2017 yang digelar di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (3/5) lalu. Acara ini mengambil thema “konsumen cerdas berani bicara”.

Cornelis mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah dalam hal ini Menteri Perdagangan Republik Indonesia yang sudah memberikan penghargaan peduli konsumen, sehingga diharapkan, sesuai program pemerintah, konsumen di Kalbar juga semakin cerdas dan berani berbicara terhadap produk-produk terutama yang dikonsumsi, jangan sampai menimbulkan akibat tidak baik terhadap kesehatan.

Selain Provinsi Kalimantan Barat, pada acara puncak peringatan Harkonas 2017 itu diberikan juga penghargaan kepada 5 Pemda Provinsi lainnya yang peduli perlindungan konsumen tahun 2016, yaitu Provinsi Gorontalo, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Provinsi Kalimantan Tengah, Provinsi Kepulauan Riau, dan Provinsi Kalimantan Timur.

Kriteria pemilihan adalah memiliki Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK), memiliki pasar tertib ukur, memiliki SDM Perlindungan Konsumen (PPNS-PK, PPBJ, Pengamat Tera, PPNS Metrologi), pelaksanaan kegiatan di bidang perlindungan konsumen, dan belum pernah mendapatkan penghargaan serupa sebelumnya.

Pada puncak peringatan Hari Konsumen Nasional (Harkonas) 2017 ini, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukito mengajak konsumen Indonesia agar berani bicara.

“Sesuai Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999, konsumen mempunyai hak untuk mendapat kompensasi apabila dirugikan. Sudah sewajarnya konsumen memperjuangkan hak tersebut karena hal ini secara tidak langsung juga akan meningkatkan tanggung jawab pelaku usaha untuk memberikan produk yang berkualitas dan pelayanan yang prima,” ujar Enggar. (Masrun/Rachmat Effendi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com