SURVEI : Hasil survei Trust Indonesia Research and Consulting diprediksi partai besutan Surya Paloh ini tidak akan lolos ke

Survei : Partai NasDem Tak Lolos Ke Senayan

SURVEI : Hasil survei Trust Indonesia Research and Consulting diprediksi partai besutan Surya Paloh ini tidak akan lolos ke Senayan. (Foto : Net)

JAKARTA (beritaborneo.com)-Trust Indonesia Research and Consulting mengukur dinamika elektoral partai politik (parpol) dalam Pemilu 2024 . Tiga partai politik diprediksi tidak lolos ambang batas parlemen atau parliamentary threshold, sehingga tidak memiliki perwakilan di parlemen Senayan pada pemilu mendatang.

Tiga parpol itu adalah Partai Nasdem dengan elektabilitas sebesar 3,9 persen, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebesar 2,9 persen, dan Partai Amanat Nasional (PAN) sebesar 1,9 persen. “Di peringkat pertama PDIP, (elektabilitas) sebesar 21,8 persen,” ujar Direktur Eksekutif Trust Indonesia Azhari Ardinal dalam memaparkan hasil surveinya secara daring, Senin (31/1/2022).

Di peringkat kedua, Partai Gerindra dengan elektabilitas sebesar 17,3 persen. Kemudian disusul oleh Partai Golkar dengan elektabilitas sebesar 10,6 persen.

Di peringkat keempat, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan elektabilitas sebesar 9,9 persen. Sedangkan di peringkat kelima, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dengan elektabilitas sebesar 8,1 persen. Selanjutnya, Partai Demokrat sebesar 7 persen. Untuk diketahui, Trust Indonesia Research and Consulting telah melakukan survei pada 3-12 Januari 2022 secara tatap muka langsung.

Sebanyak 1.200 responden yang dipilih untuk mengikuti survei ini. Sementara, teknik pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling, dengan menetapkan margin of error sebesar 2,8 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.(rac)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com