Akibat Amukan Sungai Mombi

 

SULAWESI BARAT – Banjir yang menerjang Desa Kalumammang di Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat (Sulbar) akibat meluapnya Sungai Mombi mengakibatkan jembatan penghubung di dua dusun terputus. Akibatnya ada 151 kepala keluarga (KK) terisolir dan 6 ternak sapi milik warga hanyut terseret banjir.

“Jembatan Sungai Mombi yang meluap kondisinya terputus sekitar 50 meter,” kata Mantan Sekdes Kalumammang, Samsir kepada wartawan, Kamis (27/10/2022). Jembatan beton sepanjang 70 meter dengan lebar 3 meter tersebut terputus pada Kamis (27/10) dini hari.

Jembatan itu merupakan akses satu-satunya untuk menuju Dusun Kalumammang dan Dusun Sumarrang di Desa Kalumammang, Kecamatan Alu. Akibat putusnya jembatan tersebut, ada sebanyak 151 KK di dua dusun terisolir. “Kalau di dusun Kalumammang 103 KK, di dusun Sumarrang 48 KK,” ujarnya.

Samsir menyebut, luapan air sungai juga menyebabkan areal perkebunan warga terendam banjir. Selain itu, sejumlah ternak sapi milik warga hanyut terbawa arus. “Info sementara ada ternak hanyut enam ekor sapi,” tuturnya.

Samsir menuturkan untuk bisa menyeberang ke dusun sebelah warga tentu kini harus menunggu luapan air sungai segera surut. Sebabnya warga takut menyeberangi sungai karena arusnya cukup deras.

“Saat ini cuaca sudah membaik. Semoga luapan air sungai segera surut agar warga bisa diseberangi warga,” pungkasnya. [] DTK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Verified by MonsterInsights