Soal Temuan Pencairan Jamrek di Kaltim, BPK Ternyata Salah!

 

SAMARINDA – Panitia Khusus (Pansus) Investigasi Pertambangan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mendalami terkait dengan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Kaltim, ada sekian triliun yang menjadi temuan BPK.

Syafruddin

Pansus Investigasi Pertambangan DPRD Provinsi Kaltim mengadakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kaltim, dan DPMPTSP Kaltim. RDP yang digelar di ruang rapat Gedung D lantai 3 DPRD Kaltim, Jalan Teuku Umar, Samarinda, Selasa (20/12/2022). Agendanya membahas konsultasi dan verifikasi data terkait jaminan reklamasi (jamrek) dan Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Hal itu disampaikan, Ketua Pansus Investigasi Pertambangan Syafrudin. Menurut dia, pansus menyelidiki kebenaran data kerugian triliunan rupiah yang menjadi temuan BPK. Kepala DPMPTSP Kaltim menyampaikan bahwa akibat transisi laporan jamrek dari kabupaten kota ke provinsi, dan dari provinsi ke pusat, serta pencairan jamrek ini kewenangan pusat.

“Saya kira sudah terang tidak ada pencairan jamrek tanpa rekomendasi dari kepala daerah atau rekomendasi Dinas PMPTSP, kita juga akui selama ini PMPTSP agak tertib administrasi dan sekarang perizinan secara online, jadi sudah jelas ini hanya soal transisi laporan, tapi Dinas PMPTSP telah klarifikasi ke BPK dan BPK menerima penjelasan itu dan sarankan untuk diperbaiki,” kata politisi dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Dalam RDP tersebut hadir tujuh orang anggota dewan yakni Syafrudin Ketua Pansus Investigasi Pertambangan, Saefuddin Zuhri, Abdul Kadir Tappa, Agiel Suwarno, Amiruddin, Safuad, dan Mimi Meriami. Mereka didampingi oleh seorang tenaga ahli, dan satu orang staf komisi. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Hadi Purnomo

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Portal Berita Borneo Powered By : PT Media Maju Bersama Bangsa