Paripurna Perdana, Agenda Kerja Januari-Februari Ditetapkan

SAMARINDA – Mengawali kinerja di Tahun 2023 wakil rakyat di ‘Gedung Karang Paci’ menggelar Rapat Paripurna perdana, pada Selasa (03/01/2023). Acaranya adalah pengesahan agenda kegiatan di masa sidang pertama di bulan Januari – Februari 2023.

Muhammad Samsun

Dalam rapat paripurna yang digelar di Gedung B Kompleks Perkantoran Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Jalan Teuku Umar, Samarinda, dipimpin Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun. Menurut Muhammad Samsun, rapat paripurna tersebut adalah tindak lanjut dari penyusunan agenda kegiatan yang telah disusun Badan Musyawarah (Banmus) sehari sebelumnya.

Ia menjabarkan susunan agenda DPRD Kaltim masa sidang pertama yang  sudah disahkan terdiri dari  rapat paripurna sebanyak tujuh kali, penjadwalan terhadap rapat- rapat komisi,  rapat dengar pendapat (RDP), rapat badan, rapat pansus, kegiatan sosialisasi kebangsaan, kegiatan sosialisasi peraturan daerah dan kunjungan kerja komisi ke luar daerah.

Untuk reses, lanjut wakil rakyat dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, pergeseran jadwal yang telah dibahas Banmus hanya satu, yakni  kegiatan DPRD Kaltim di masa reses, waktunya dimajukan menjadi tanggal 13 sampai 20 Februari 2022. Adapun alasan usulan perubahan jadwal dari para anggota DPRD tersebut  dinilai cukup bagus, masukkannya logis sebab  hal tersebut mengasumsikan  pihak DPRD  ingin menjaring aspirasi masyarakat lebih awal.

Sementara agenda dalam waktu dekat adalah Rapat Paripurna peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Provinsi Kaltim pada 5 Januari 2023. Oleh karena itu, rapat paripurna juga dalam rangka mempersiapkan peringatan HUT Kaltim. “Guna mempersiapkan peringatan HUT Kaltim pada 9 Januari mendatang,” kata Samsun kepada awak media di Kantor DPRD Kaltim.

Sementara ditetapkannya masa reses di awal tahun adalah dalam rangka mempersiapkan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2024. Aspirasi dari konstituen telah diserap akan dijadikan pokok-pokok pikiran yang nantinya disampaikan dalam rapat paripurna untuk menjadi masukkan dalam RKPD Tahun 2024.

“Reses di awal memang bagus dan penting, sehingga kami ada waktu sebelum persiapan dimasukkan ke RKPD. Artinya aspirasi-aspirasi masyarakat itu bisa dimasukkan ke RKPD nantinya,” kata wakil rakyat kelahiran Jember, 18 Februari 1974 dari daerah pemilihan Kabupaten Kutai Kartanegara. []

Penulis: Fajar Hidayat | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com