Indonesia Kuat Karena Terapkan Pancasila

PARLEMENTARIA KALTIM – Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Ananda Emira Moeis berharap kepada masyarakat Kaltim agar dapat meningkatkan nilai pengamalan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Hal tersebut diungkapkan Ananda Emira Moeis saat melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan (Sosbang) di Kelurahan Lok Bahu Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Sabtu (21/1) malam.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu mengatakan masyarakat Indonesia harus memiliki semangat gotong royong yang tinggi. Hal tersebut merupakan upaya dalam menjaga keutuhan berbangsa dan bernegara yang menjadi amanah dari leluhur dan para pejuang terdahulu.

Dikatakannya, bangsa Indonesia merupakan bangsa yang beragam suku bangsa dan agama, namun memiliki kekuatan untuk menyatukan diri. “Indonesia adalah bangsa yang kuat karena dalam kehidupan bersosial masyarakat telah menerapkan nilai Pancasila dari berbagai macam suku, budaya dan agama,” terangnya.

Seluruh aspek masyarakat, baik dari pemerintahan maupun masyarakat, haruslah menjaga nilai-nilai bernegara dan berbangsa. Nilai-nilai Pancasila dan nilai-nilai yang dapat menjaga persatuan dan kesatuan harus dipegang erat dan diamalkan dalam kehidupan bermasyarakat. “Tinggal bagaimana warga sadar untuk selalu memperkukuh NKRI serta senantiasa menjaga harkat martabat bangsa dan menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air,” terang wakil rakyat yang akrab disapa Nanda ini.

Pendalaman pemahaman nilai dan pengamalan Pancasila, lanjut Nanda, akan mampu menjadikan suatu negara yang mengedepankan adab. Sebab, Indonesia memiliki banyak suku, agama, dan ras tetapi tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan negara. Untuk itu, pengamalan Pancasila penting untuk dimulai dari diri sendiri dahulu. []

Penulis: Fajar Hidayat | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com