Terobosan Sosbang Untuk Kaum Milenial


PARLEMENTARIA KALTIM
– Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur Nidya Listiyono membuat terobosan saat melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan (sosbang) dengan sasaran kaum milenial.

Jika biasa sosbang digelar dengan formal, kali ini wakil rakyat dari Partai Golongan Karya (Golkar) ini menggelar sosbang dengan cara yang santai, rileks dan tidak formal. Ia menggelar sosbang pertamanya untuk wilayah I Kota Samarinda di angkringan Punakawan, Jalan Wijaya Kusuma, Sabtu (21/1/2023).

Dikatakan wakil rakyat dari daerah pemilihan Kota Samarinda ini, sosbang merupakan kegiatan rutin yang dilakukan anggota dewan dan merupakan salah satu tugas yang harus dijalankan para wakil rakyat sebagai bentuk kepedulian dalam memberikan pemahaman Pancasila, Undang Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bineka Tunggal Ika.

Dalam pelaksanaannya, Sosbang  biasa digelar secara formal, tetapi anggota dewan yang akrab disapa Tiyo ini menjalankannya dengan cara tak formal. Dengan nuansa anak muda yang sering terlihat melakukan diskusi di warung kopi atau angkringan, model diskusi tersebut diadopsi Tiyo.

Menurut dia, diskusi di angkringan secara santai dan rileks sangat menarik. Tentunya, dengan suasana baru yang ia hadirkan, masyarakat dirasa tak jenuh dengan model yang monoton. “Sosialisasi wawasan kebangsaan sudah sering dilakukan, jadi harus menghadirkan suasana baru agar masyarakat tidak bosan dengan materi yang dihadirkan,” tutur Tiyo.

Menurutnya, dengan masyarakat yang beraneka ragam, cara dan metode juga harus dilakukan dengan bervariasi dan menciptakan suasana baru yang mampu membuat masyarakat betah dengan kegiatan rutinitas anggota dewan itu. “Masing-masing orang memiliki pandangan yang berbeda, jadi perlu rasanya memaparkan suatu materi dengan cara-cara unik seperti ini kepada masyarakat,” katanya. []

Penulis: Fajar Hidayat | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com