Peserta Seleksi Paskibraka tingkat Kabupaten Kutai Barat tahun 2023 di Stadion Swalas Gunaaq, Kutai Barat, Senin (6/3/2023).

Dispora Kaltim Seleksi 400 Peserta Calon Paskibraka di Kutai Barat

Peserta Seleksi Paskibraka tingkat Kabupaten Kutai Barat tahun 2023 di Stadion Swalas Gunaaq, Kutai Barat, Senin (6/3/2023).

 

KUTAI BARAT – DINAS Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) melanjutkan seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) di Stadion Swalas Gunaaq, Barong Tongkok, Kabupaten Kutai Barat, Senin (6/3/2023).

“Tahun ini kami melibatkan Kesbangpol Provinsi dalam pelaksanaan seleksi. Semua peserta memiliki kesempatan yang sama. Tim akan memilah calon yang memenuhi standar tersebut, selanjutnya akan dicek secara anatominya, kemampuan baris berbaris dan sebagainya sesuai syarat yang disampaikan BPIP,” jelas Kepala Dispora Kaltim, Agus Tianur.

Antusias peserta terlihat dari jumlah peserta yang mencapai 400 pelajar terdaftar mengikuti seleksi. Besarnya peserta yang antusias membuat pelaksanaan seleksi berlangsung selama tiga hari mulai 6 sampai 8 Maret 2023, dengan berbagai tahapan yang dipantau langsung oleh tim seleksi provinsi. Antara lain meliputi tes kesehatan, tes jasmani, sikap gerak dan tes baris tercakup.

“Kami tim seleksi provinsi, akan melakukan seleksi tersendiri bagi calon yang dimana untuk tingkat pusat dan provinsi memiliki tinggi badan pelajar putra paling rendah 170 cm dan paling tinggi 180 cm dan pelajar putri paling rendah 165 cm dan paling tinggi 175 cm,” jelasnya.

Selain itu syarat peserta agar dapat lolos adalah dilarang memiliki bentuk kaki O (O been) dengan ekstremitas paling banyak 5 cm, bentuk kaki X (X been) dengan ekstremitas paling banyak 5 cm, dan tidak memiliki bentuk telapak kaki datar atau flat foot.

Kadispora Kaltim menegaskan pihaknya tidak main-main dalam proses seleksi ini untuk menentukan wakil dari Kaltim. Salah satunya, menolak titipan dari orang tertentu dan tekanan tidak adanya intervensi dalam pelaksanaan seleksi terutama menimbulkan kelolosan.

“Kita ingin yang terbaik bisa maju mewakili Kaltim, sehingga saat tampil di Nasional mendapat posisi penting dan bisa membanggakan Kaltim,” tegasnya. []

Penulis: Yulia Fatmawati Fauziah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com