Bontang menutup seleksi calon Paskibraka Provinsi Kaltim. (dispora.kaltimprov.go.id)

250 Pelajar Kota Bontang Ikuti Seleksi Paskibraka

Bontang menutup seleksi calon Paskibraka Provinsi Kaltim. (dispora.kaltimprov.go.id)

 

SAMARINDA – DINAS Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menyeleksi 250 calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pelajar kota Bontang di Kompleks Stadion Lang Lang Jl. KS Tubun, Api-Api, Kec. Bontang Utara, Kota Bontang, Kaltim, Senin (20/03/2023).

Seleksi Paskibraka tersebut meliputi kegiatan parade yang terdiri atas anatomi tubuh dan peraturan baris-berbaris, samapta/jasmani, psikotes, tes tertulis, hingga medical check-up yang ditambah dengan penilaian Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP).

Kota Bontang sendiri menjadi penutup dari rangkaian seleksi calon Paskibraka yang dilakukan oleh Dispora Kaltim. Sebelumnya, tim penyeleksi Paskibraka telah mendatangi seluruh kabupaten dan kota se-Kaltim sejak pertengahan Februari yang dimulai dari Kota Samarinda. Dilanjutkan Penajam Paser Utara, Mahakam Ulu, Balikpapan, Kutai Barat, Paser, Berau, Kutai Timur, Kutai Kartanegara dan terakhir di Kota Bontang.

“Alhamdulillah tim sudah melakukan seleksi langsung ke masing-masing Kabupaten dan Kota yang terdiri dari Korem 091 Aji Surya Natakesuma, Polresta Samarinda serta Dispora Kaltim sendiri.  Dari tahun lalu kami bersikap profesional dengan tidak menerima intervensi dari sipapun, dan Insya Allah yang terpilih adalah mereka yang memang memenuhi standar,” kata Kepala Dispora Kaltim, Agus Tianur.

Selanjutnya mereka yang terpilih akan mengikuti seleksi ke tingkat nasional dengan pelaksanaan akan dikomunikasikan bersama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol Kaltim) untuk disampaikan ke Badan Pembinaan Indeologi pancasila (BPIP).

“Sebagaimana diketahui untuk peserta yang masuk ke tingkat Provinsi akan juga mengikuti seleksi ke tingkat Nasional. Mereka adalah putra-putri terbaik yang memang layak berada di sini. Bagi yang terpilih tentu dapat berbangga hati karena dipercaya menjadi wakil daerah masing-masing,” jelasnya. []

Penulis: Yulia Fatmawati Fauziah | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com