Anak Tenggarong Bawa Indonesia ke Final

Taufany Muslihuddin (kanan) menjadi buah bibir setelah Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Vietnam U-22. Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Taufany Muslihuddin (kanan) menjadi buah bibir setelah Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Vietnam U-22. Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Taufany Muslihuddin (kanan) menjadi buah bibir setelah Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Vietnam U-22. Foto: ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

TENDANGAN mendatar Muhammad Taufany Muslihuddin di masa injuri time babak kedua mengantarkan Indonesia menembus babak final pada cabang olahraga (Cabor) Sepakbola Sea Games 2023. Dalam pertandingan yang berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja, pada Sabtu (13/5/2023) itu, Timnas Indonesia U-22 berhasil menaklukan Vietnam dengan skor 3-2.

Skuad Garuda Muda unggul lebih dulu pada menit ke-9 lewat gol Komang Teguh. Vietnam lalu menyamakan kedudukan 1-1 usai Nguyen Van Tung mencatatkan namanya di papan skor menit ke-36. Muhammad Ferarri kemudian membuat Timnas Indonesia U-22 unggul lagi pada menit ke-53. Sayangnya di menit ke-79, Skuad Garuda Muda kecolongan setelah Bagas Kaffa mencetak gol bunuh diri dan membuat skor 2-2.

Untungnya di masa injury time, Taufany sukses mencetak gol dan mengunci kemenangan Skuad Garuda Muda. Gelandang Borneo FC berusia 21 tahun itu membuat gol lewat sepakan kaki kanannya dari luar kotak penalti.

“Kami diberikan kemenangan hari ini. Saya bersyukur kepada coach Indra Sjafri dan staf pelatih sudah memberi kepercayaan di timnas SEA Games ini kepada saya,” ujar Taufany saat sesi jumpa pers usai laga.

Meski bukan menjadi pilihan utama Indra Sjafri dalam starting eleven Skuad Garuda Muda di arena Sea Games Kamboja, namun Taufani yang dalam laga semifinal masuk di awal babak kedua menggantikan Ananda Raehan, sukses membayar kepercayaan pelatih. Sebagai seorang gelandang box to box, Taufani tampil solid dan trengginas.

Terlebih sejak menit ke 60, Timnas Indonesia yang bermain dengan 10 pemain karena Pratama Arhan mendapatkan kartu merah terus mendapat gempuran dari skuad Golden Star -julukan Timnas Vietnam.

Sport jantung dirasakan para pendukung Garuda Muda, baik yang menyaksikan langsung di stadion maupun dari siaran televisi. Asa mengapai final seakan kian menipis tatkala wasit asal Korea Selatan memberikan tambahan waktu yang panjang, mencapai 8 menit.

Namun di tengah serangan tujuh purnama Vietnam, pada masa injure time menit ke 90+5, lewat skema serangan balik, Taufani menyegel kemenangan dan mengantarkan Timnas Indonesia U-22 ke partai final SEA Games 2023.

Di final SEA Games 2023, Timnas Indonesia U-20 akan menghadapi Thailand. Duel tersebut bakal digelar di Olympic Stadium pada 16 Mei 2023. Andai kembali dipercaya tampil oleh Indra Sjafri, Taufany berharap bisa main lebih bagus lagi.

“Untuk pertandingan ke final nanti tentu saya ingin lebih siap lagi,” imbuh pemain kelahiran Tenggarong ini.

Muhammad Taufany Muslihuddin
Muhammad Taufany Muslihuddin

 

Profil Taufani
Taufany Muslihuddin merupakan gelandang kelahiran Tenggarong, Kalimantan Timur, 24 Maret 2002. Ia mengawali karier sepak bolanya dengan bergabung bersama Borneo FC Junior pada 2019 silam.

Kiprah Taufany tak langsung menanjak di awal kariernya. Alih-alih debut bersama tim senior Pesut Etam, pemain berusia 21 tahun tersebut lebih dulu dipinjamkan pada 2021 ke Mitra Kukar, tim yang saat ini bermain di Liga 3.

Barulah pada 2022 lalu, bakat Taufany kembali diendus oleh Borneo FC. Mereka memutuskan untuk membawa pulang sang wonderkid bertalenta dan memagarinya dengan kontrak berdurasi tiga tahun.

Situs Transfermarkt mencatat Taufany telah tampil sebanyak delapan kali bersama Pesut Etam di kompetisi Liga 1. Walau demikian, pesepak bola yang baru mengantar Indonesia tembus ke final SEA Games 2023 itu belum sekali pun mencetak gol atau assist.

Adapun di level internasional, kiprah Taufany juga terbilang baru. Ia baru mendapat kesempatan dipanggil ke Timnas Indonesia U-22 jelang perhelatan SEA Games 2023.

Seperti diketahui, Indra Sjafri yang ditunjuk menukangi Garuda Nusantara dalam ajang olahraga multi event se-Asia Tenggara memang membuka cukup banyak ruang untuk bagi calon debutan berbakat untuk ikut serta dalam pemusatan latihan (TC).

Laga perdana Taufani berseragam Timnas U22 saat menghadapi Lebanon

 

Taufany Muslihuddin baru mengecap pertandingan perdananya bersama Timnas Indonesia U-22 di laga uji coba melawan Lebanon pada pertengahan April lalu. Meski kalah dari tim tamu, performa Taufany di duel tersebut dinilai cukup menjanjikan.

Penggawa Borneo FC terus mengukuhkan posisinya hingga SEA Games 2023 Kamboja. Ia bahkan dua kali diturunkan sebagai starter oleh pelatih saat Timnas Indonesia U-22 menghadapi Myanmar dan Kamboja di fase penyisihan grup.

Taufany sebenarnya tak bermain sejak menit pertama dan baru dimasukkan di paruh kedua semifinal SEA Games 2023 melawan Vietnam. Walau begitu, ia berhasil membayar kepercayaan Indra Sjafri dengan mencetak gol kemenangan bagi kubu Merah Putih. []

Penulis : Agus P. Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com