Kontingen Kalteng bergembira setelah dinobatkan sebagai juara umum Penas Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI di Padang, Sumatra Utara 10-15 Juni 2023.

Kalteng Juara Umum Penas KTNA XVI 2023

Kontingen Kalteng bergembira setelah dinobatkan sebagai juara umum Penas Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI di Padang, Sumatra Utara 10-15 Juni 2023.

 

PALANGKA RAYA – PRESTASI membanggakan diukir petani dan nelayan Kalimantan Tengah (Kalteng) dengan berhasil meraih juara umum pada Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XVI di Kota Padang, Sumatera Barat.

Kontingen Kalteng pun menerima tropi juara umum yang diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi pada acara penutupan Penas XVI Padang yang digelar di Lanud Sutan Syahrir Kota Padang, Sumatera Barat, Kamis (15/6).

Kalteng ditetapkan sebagai Juara Umum dalam kegiatan yang berlangsung pada 10-15 Juni 2023 ini karena berhasil meraih Juara Nasional. Yakni Juara I Lomba Unjuk Tangkas dan Juara II Lomba Asah Terampil. Serta sejumlah penghargaan Menteri Pertanian untuk Ajang Peragaan, Temu Karya Petani, Paduan Suara, dan Gita Nusantara.

“Kalteng ditetapkan sebagai juara umum karena berhasil meraih Juara Nasional, yaitu Juara I untuk Lomba Unjuk Tangkas, Juara II Lomba Asah Terampil, dan juga menerima beberapa penghargaan dari Menteri Pertanian yaitu untuk Ajang Peragaan, Temu Karya Petani, Paduan Suara dan Gita Nusantara,” kata Ketua I KTNA Provinsi Kalteng, Jaelani.

Sambung Jaelani, aktivitas lain yang tidak dilombakan juga diikuti secara aktif oleh seluruh peserta Penas XVI Kalteng, seperti temu sukses petani dan penyuluh, rembuk tani, temu agribisnis, gelar teknologi, dan lain-lain.

Sementara itu, Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Provinsi Kalteng Muhajirin Akbar menyampaikan, apresiasinya atas prestasi kontingen PENAS Kalteng yang berhasil membawa kemenangan bagi daerah Kalteng.

“Semoga prestasi ini dapat dipertahankan di ajang Penas XVII di Provinsi Gorontalo tahun 2026,” harapnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Kalteng, Edy Pratowo bersama jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng saat menghadiri secara langsung pembukaan Penas di Kota Padang, Sabtu (10/6/2023) lalu berharap agar momentum Penas XVI itu dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Saya berharap kontingen Penas Kalteng dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan persiapan yang maksimal sehingga membuahkan kesuksesan bagi petani nelayan Kalteng,” katanya..

Sedangkan Kepala Dinas TPHP Kalteng Sunarti menjelaskan kehadiran petani nelayan pada kegiatan dua tahunan di Kota Padang ini diharapkan dapat memberi motivasi kepada petani nelayan lainnya untuk saling berinteraksi dan bersinergi dalam memanfaatkan sumber daya alam pertanian yang tersedia di daerah masing-masing.

“Selain itu juga diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan terkait perbaikan mutu produksi pertanian dan peningkatan pendapatan mereka sehingga meningkatkan kesejahteraan keluarga petani nelayan,” tandasnya. []

Penulis/Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com