Sesi memanah dilakukan Ketua Perpani Kaltim Sutomo Jabir didampingi Kadispora Kaltim Agus Hari Kesuma dan Ketua Dewan Pembina Archery Indonesia Agus Joko Pramono saat Pembukaan Kejuaraan Panahan Piala Gubernur Kaltim dan BPK RI Archery Tahun 2023 di lapangan Sepakbola Stadion Gelora Kadrie Oening Sempaja, Samarinda, Rabu (5/7/2023).

Sutomo Jabir Harap Atlet Panahan Kaltim Berlaga di Ajang Internasional

Sesi memanah dilakukan Ketua Perpani Kaltim Sutomo Jabir didampingi Kadispora Kaltim Agus Hari Kesuma dan Ketua Dewan Pembina Archery Indonesia Agus Joko Pramono saat Pembukaan Kejuaraan Panahan Piala Gubernur Kaltim dan BPK RI Archery Tahun 2023 di lapangan Sepakbola Stadion Gelora Kadrie Oening Sempaja, Samarinda, Rabu (5/7/2023).

 

PARLEMENTARIA KALTIM – ANGGOTA Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Sutomo Jabir berharap atlet panahan Kaltim bisa membela Indonesia pada ajang internasional. Ia juga memimpikan cabang olahraga (cabor) panahan dapat memiliki lapangan berlatih yang memilik fasilitas lengkap dan nyaman digunakan,

Anggota DPRD Kaltim yang juga Ketua Perpani Kaltim Sutomo Jabir

Demikian disampaikan Sutomo Jabir yang juga menjabat sebagai Ketua Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kaltim saat memberikan sambutan pada Pembukaan Kejuaraan Panahan Piala Gubernur Kaltim dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Archery Tahun 2023 di lapangan Sepakbola Stadion Gelora Kadrie Oening Sempaja, Samarinda, Rabu (5/7/2023).

“Mudah-mudahan Kaltim ke depan tidak hanya berkiprah di tingkat nasional tetapi juga bisa membela Indonesia di ajang internasional dan berharap supaya panahan punya lapangan yang representatif,” ujar politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Acara pembukaan kejuaraan panahan tingkat Kaltim ditandai dengan sesi memanah secara simbolis yang dilakukan oleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kaltim Agus Hari Kesuma, Ketua Dewan Pembina Archery Indonesia Agus Joko Pramono dan Ketua Perpani Kaltim Sutomo Jabir.

Hadir pula dalam kegiatan tersebut perwakilan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kaltim, Kepala Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Kaltim yang diwakili oleh Wakil Direktur Teknik DBON Kaltim Sugeng Mochdar, Kepala Sekretariat DBON Kaltim Dr. Ir. H. Zairin Zain, jajaran coach (pelatih), wasit, juri, serta anggota Forkopimda Kaltim.

Dalam sambutannya, Sutomo Jabir mengungkapkan, saat ini ada dua atlet panahan asal Kaltim yang tengah mengikuti Pelatihan Nasional (Pelatnas) untuk membela Indonesia di ajang internasional.

“Ada dua atlet kita yang tengah berkontribusi membela Indonesia di ajang internasional. Melalui agenda seperti ini dan dengan dukungan Dispora dan Pemprov Kaltim, kita harapkan nanti akan semakin banyak atlet kita yang kita berikan kepada negara untuk membela Indonesia di ajang internasional,” katanya.

Ia juga melaporkan, Kejuaraan Piala Gubernur Kaltim 2023 dan Piala BPK Archery Indonesia telah tiga kali dilaksanakan semasa kepengurusannya. Dan diharapkan dapat terus berlanjut setiap tahun.

“Kejuaraan Piala Gubernur Kaltim ini kita adakan setiap tahun, ini sudah yang ketiga kalinya. Pada tahun ini diikuti 500 peserta, baik dari dalam Provinsi Kaltim maupun dari luar, yakni dari Jakarta, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara, Jawa Tengah dan lainnya,” tutupnya.

 

Sementara itu, Kepala Dispora Kaltim Agus Hari Kesuma menjelaskan bahwa kejuaraan ini merupakan ajang untuk mempromosikan olahraga panahan di wilayah Kaltim. Diharapkan kegiatan ini dapat menarik minat masyarakat, terutama generasi muda, untuk terlibat dalam olahraga ini.

“Selamat kepada peserta yang telah berhasil mencapai dan mengikuti kejuaraan ini. Bersainglah dengan kekuatan dan semangat yang tinggi, dan ingatlah bahwa yang terpenting adalah partisipasi dan pengalaman yang berharga,” katanya.

Kadispora juga memberikan pesan kepada peserta untuk terus berlatih dengan semangat tinggi. Ia mengingatkan bahwa kemenangan sejati tidak hanya terletak pada medali yang diraih, tetapi juga pada pengalaman, persahabatan, dan pelajaran berharga yang didapatkan selama turnamen ini.

“Dengan mengucapkan Bismillahirahmanirahim, Kejuaraan Panahan Gubernur Kalimantan Timur Tahun 2023 dan Piala BPK RI Archery dengan ini saya nyatakan resmi dibuka,” ucapnya. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com