Anies – Muhaimin Pasangan Pertama Daftar ke KPU

JAKARTA – DUET Bakal Calon Presiden (Bacapres) dan Bakal Calon Wakil Presiden (Bacawapres) dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) menjadi yang pertama mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dikawal ribuan pendukungnya, mantan Gubernur DKI Jakarta dan Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu tiba di Gedung KPU Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Kamis (19/10/2023) pagi, sekitar pukul 09.30 WIB.

Sekitar pukul 10.13 WIB, Anies – Muhaimin yang kerap disapa Amin itu secara simbolis menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran kepada Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari di ruangan utama Kantor KPU RI. Dari dalam ruangan itu terdengar teriakan “Amin” yang cukup keras hingga terdengar ke luar ruangan.

 

Anies-Muhaimin memasuki ruang pendaftaran dengan didampingi Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua Umum PKS Ahmad Syaikhu dan Sekretaris Jenderal PKB Hasanuddin Wahid.

KPU pun menyatakan berkas dari pasangan Koalisi Perubahan untuk mendaftar sebagai capres dan cawapres, diterima karena sudah dinyatakan lengkap. Anies-Muhaimin pun menjadi bakal pasangan capres dan cawapres yang pertama kali mendaftar sebagai calon peserta Pilpres 2024.

“Terima kasih, apresiasi kepada seluruh jajaran Komisi Pemilihan Umum yang telah berkenan untuk menerima kami pagi hari ini sesuai denga napa yang kami harapkan untuk bisa mendaftar di hari pertama (pendaftaran Capres-Cawapres),” kata Anies Baswedan.

Anies menegaskan bahwa usai melakukan pendaftaran sebagai Capres-Cawapres maka semuanya harus tancap gas untuk memenangkan Pilpres 2024 ini.

“Mulai hari ini kita tancap gas, siap gaspoll, menyapa semua, menjangkau semua, sampaikan bahwa pesan perubahan ini untuk semua rakyat Indonesia, merasakan bahwa kita bisa hidup makmur dan setara, ikhtiar kit akita lakukan maksimal sambil tawakal kita tegakkan. Mari kita terus panjatkan doa dan sholawat agar perjuangan kita diridhoi Allah,” tegasnya.

 

JUNJUNG KEJUJURAN DAN KEADILAN

Usai pendaftaran, Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh mengatakan, pihaknya mengantarkan jagoannya tersebut ke KPU, setelah melalui banyak rintangan yang dihadapi. “Koalisi Perubahan hari ini mengantarkan pasangan calon presiden dan wakil presiden, yang sudah kita kenal semuanya,” katanya dalam sambutannya.

Paloh berharap, Pemilu 2024 yang diikuti oleh tiga capres dan cawapres tersebut bisa berjalan lancar. Dan membuat Indonesia lebih maju dan bermartabat.

“Kami mempunyai keyakinan dan harapan sepenuhnya, serta doa kita bersama, bahwa pemilu yang akan berlangsung InsyaAllah pada 14 Februari 2024, harapan kita pemilu berlangsung secara tertib, tenang, diikuti oleh partisipasi publik yang lebih hebat,” jelasnya.

Ia menyampaikan bahwa di Pilpres 2024 ini, diharapkan kejujuran dan keadilan bisa dijunjung setinggi mungkin oleh semua elemen bangsa. Termasuk di dalam adalah KPU dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Berkejujuran, berkeadilan, bagi seluruh peserta pemilu, tidak hanya Koalisi Perubahan. Karena di atas semuanya, yang kami perlu tekankan, Koalisi Perubahan tidak hanya bertekad untuk memenangkan kontestasi pada pemilu 2024 yang akan datang. Bukan itu semata-mata,” katanya.

 

SAFARI POLITIK

Proses pendaftaran Pasangan Amin sejatinya telah dimulai sejak subuh dinihari. Usai melakukan sungkeman kepada orang tua masing-masing, Amin kemudian melakukan kunjungan ke kantor partai pengusungnya.

Anies dan Cak Imin yang pagi itu kompak mengenakan peci hitam, kemeja putih dan celana hitam memulai safari politiknya dengan bertandang ke Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di Jalan TB.Simatupang No.82 Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Kedatangan pasangan Anies – Muhaimin disambut oleh Ketua Majelis Syura PKS Dr. Salim Segaf Al Jufri, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Al Habsyi dan unsur pimpinan DPP PKS.

Dalam sambutannya Anies Baswedan mengucapkan terima kasih atas dukungan dari keluarga besar PKS. Ia pun meminta doa agar pasangan Amin dapat mengemban amanah dengan baik.

“Izinkan kami menyampaikan rasa terima kasih, rasa apresiasi kepada seluruh keluarga besar Partai Keadilan Sejahtera yang telah memberikan kepercayaan dan telah memberikan amanah kepada kami berdua Insya Allah Amanah ini bisa kami emban dengan baik,” ucap Anies di depan ribuan anggota PKS.

Setelah mendatangi kantor DPP PKS, pasangan Amin bergerak ke kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Jalan Raden Saleh Raya, Senen, Jakarta Pusat. Kedua pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden itu tiba di lokasi sekitar pukul 06.55 WIB.

 

Mereka disambut oleh para pendukung dan simpatisan yang mengibarkan bendera PKB serta meneriakkan ”Salam Perubahan”. Kemudian Anies dan Cak Imin bersalaman dengan seluruh pendukung yang sudah hadir di DPP PKB. Keduanya pun langsung naik ke atas panggung yang telah disediakan.

Pasangan Amin kemudian melakukan berdoa bersama yang dipimpin oleh para kiai, setelahnya azan dikumandangkan di lokasi. Tidak seperti di DPP PKS, pasangan Amin tidak memberikan kata sambutan dan bergegas pergi menuju lokasi berikutnya diiringi lantunan shalawat.

Rangkaian Safari Politik Anis – Muhaimin berakhir di NasDem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat. Mereka tiba sekitar pukul 07.18 WIB untuk berpamitan sebelum mendaftar ke KPU. Di Kantor Nasdem, mereka disambut Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, Ketua DPP NasDem Willy Aditya, Taufik Basari dan pengurus DPP Nasdem lainnya.

Kedatangan mereka juga disambut para kader partai serta relawan. Para kader dan relawan AMIN, singkatan Anies-Cak Imin, tampak memadati jalan di sekitar NasDem Tower saat menyambut Anies dan Cak Imin. “Anies Muhaimin, Amin, Anies Muhaimin, Amin,” kata pembawa acara menyambut kehadiran mereka.

Dari Kantor DPP Nasdem inilah, pasangan Anies-Muhaimin bertolak menuju ke Gedung KPU untuk menyerahkan pendaftaran sebagai pasangan Bacapres dan Bacawapres pada Pemilihan Presiden (Pilpres) Februari 2024 mendatang.

Dengan dikawal ribuan pengurus partai, relawan dan simpatisan, Anies – Muhaiman yang mengendarai jeep terbuka akhirnya tiba di Gedung KPU sekitar pukul 09.30 WIB. []

Penulis | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com