Upacara Hari Santri Nasional dari Pemkab Kukar

KUTAI KARTANEGARA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melaksanakan upacara Peringatan Hari Santri Nasional (HSN) 2023, Kegiatan ini berlangsung di halaman kantor Bupati Kukar pada Minggu (22/10/2023). Ribuan Satriawan dan santriwati dari berbagai Pondok Pesantren di Kukar ikut hadir dalam upacara dengan penuh khidmat.

Peringatan ini menandai HSN yang ke-9, sementara secara historis, peringatan HSN pada tahun ini mencapai yang ke-78 sejak Resolusi Jihad KH Hasyim Asy’ari pada 22 Oktober 1945.

Bupati Edi Damansyah menekankan pentingnya peran pondok pesantren dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yang dihargai oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Ia juga menyampaikan keberhasilan program Dedikasi Kukar Idaman yang memberikan beasiswa kepada 410 santri serta program Dedikasi Kukar Berkah yang memberikan bantuan hibah kepada 26 pondok pesantren sejak tahun 2022.

“Saya tegaskan bahwa Pemkab Kukar akan terus memaksimalkan bantuan dan beasiswa untuk pembangunan pesantren, dengan target anggaran hibah 100 juta per-pesantren hingga tahun 2024 mendatang,” kata Edi.

Program Beasiswa Kukar Idaman juga akan terus memberikan beasiswa kepada 100 santri untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dan memberikan beasiswa kepada 1.000 santri di Pondok Pesantren.

“Harapannya, upaya ini dapat menjadi pemicu yang mendatangkan keberkahan bagi semua pihak, dan di masa depan akan ada lebih banyak bantuan yang diberikan untuk pembangunan pesantren,” pungkasnya.

Penulis: Tusiman| Penyunting : Nursiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com