Mewujudkan Keluarga Bahagia di Desa Sanggulan

PARLEMENTARIA KALTIM – Keluarga bahagia menjadi idaman setiap orang, itu dapat diwujudkan jika ketahanan keluarga terbentuk. Akhmed Reza Fachlevi, Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) berusaha mewujudkan keluarga bahagia di Desa Sanggulan, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Di desa tersebut, Sabtu (28/10/2023), Reza–sapaan akrab wakil rakyat kelahiran Samarinda, 26 November 1990 ini, menyosialisasikan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga (Perda Ketahanan Keluarga. Sosialisasi tersebut adalah rangkaian kegiatan yang dilaksanakannya hingga Senin (30/10/2023) mendatang.

Anggota Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu mengatakan, tujuan sosialisasi itu adalah untuk membentu keluarga yang tangguh hingga dapat mewujudkan keluarga bahagia di Desa Sanggulan. “Tujuan utama dari Perda Ketahanan Keluarga sendiri adalah membentuk keluarga yang tangguh yang dapat menghadirkan keluarga bahagia,” kata Reza.

Tujuan lain dari pemberlakuan Perda ini adalah membentuk kualitas keluarga dalam memenuhi kebutuhan fisik materiil dan mental spiritual secara seimbang sehingga dapat menjalankan fungsi keluarga secara optimal menuju keluarga sejahtera. “Selain itu, diperlukan harmonisasi dan sinkronisasi sebagai upaya penyelenggaraan pembangunan ketahanan keluarga yang dilakukan Pemerintah Daerah, masyarakat serta dunia usaha,” ujarnya.

Wakil rakyat itu menjelaskan ketahanan keluarga mencerminkan kecukupan dan kesinambungan akses suatu keluarga terhadap pendapatan dan sumber daya. Dengan adanya sosialisasi ini, Reza berharap Perda Ketahanan Keluarga dapat dipahami masyarakat Desa Sanggulan. “Itu dilakukan agar mampu memenuhi kebutuhan dasarnya, seperti pangan, air bersih, pelayanan kesehatan, pendidikan, perumahan, partisipasi di dalam masyarakat, dan integrasi sosial,” jelasnya.

Beberapa hari sebelumnya, Reza melaksanakan reses di beberapa titik daerah pemilihannya. Saat berada di Desa Salo Cella, Kukar dia menyerap aspirasi masyarakat mengenai relawan tanggap bencana. Menanggapi hal itu, wakil rakyat tersebut berkomitmen untuk merealisasikannya. Sebab, menurutnya hal itu telah menjadi program kerja Komisi IV DPRD Kaltim bersama mitra kerjanya. Sehingga ia meminta agar warga Desa Salo Cella untuk menyampaikan permohonan resmi.

Reza menyebut bahwa saat ini ia tengah memperjuangkan program Barisan Relawan Kebakaran (Balakar), pelatihan bagi aparatur desa, termasuk anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Semua itu hasil rembuknya bersama pengurus Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) dan Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) Kukar. “Program kita di antaranya relawan Balakar, kemudian ada pelatihan untuk aparatur desa dan BPD yang merupakan hasil rembuk dengan APDESI dan PAPDESI di Balikpapan,” katanya. []

Penulis: Selamet | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com