Pemdes Tanjung Batu Berencana Bangun Pusban Baru

KUTAI KARTANEGARA – Pemerintah Desa (Pemdes) Tanjung Batu, Kecamatan Tenggarong Seberang, berencana membangun Gedung Pusat Kesehatan Masyarakat yakni Puskesmas Pembantu (Pusban) untuk menggantikan gedung yang lama dengan kondisinya sangat memprihatinkan.

Puskesmas Pembantu memiliki peran penting dalam penyediaan sarana dan prasarana kesehatan untuk melayani langsung ke masyarakat dan keberadaan pusban ini bertujuan untuk meningkatkan jangkauan dan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat di wilayah kerjanya.

Pusban merupakan fasilitas dasar kesehatan untuk masyarakat yang sangat perlu diperhatikan, apalagi untuk penanganan stunting yang menjadi permasalahan di tingkat desa hingga kabupaten.

Kepala Desa Tanjung Batu, Husniansyah, mengatakan bahwa bangunan lama Puskesmas Pembantu, yang terletak di Sekretariat Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), sudah tidak memadai dan perlu digantikan dengan konstruksi beton di lokasi baru.

“Saat ini, persiapan lahan seluas kurang lebih 600 meter telah dilakukan, dan biayanya bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) perubahan Kukar tahun 2023,” ungkapnya, Senin (20/11/2023).

Diperkirakan, pembangunan fisik gedung Puskesmas Pembantu akan mulai dikerjakan pada 2024. Dan di harapkan, tahun depan bisa segera tuntas dan difungsikan, “Biaya untuk persiapan lahan mencapai sekitar Rp 200 juta, mudah-mudahan rencana bisa segera terealisasi di tahun 2024 mendatang dan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” tandasnya.

Penulis : Tusiman| Penyunting : Nursiah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com