Puji Setyowati Gelar Sosbang di Sungai Dama

PARLEMENTARIA KALTIM – Kegiatan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang) terus gencar digelar oleh seluruh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Sosbang bertujuan agar masyarakat dapat memahami pemikiran dan nilai-nilai kebangsaan berlandaskan Pancasila, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bineka Tunggal Ika, serta Undang-Undang Dasar 1945.

Seperti Sosbang yang dilakukan Ketua Fraksi Demokrat-Nasional Demokrat (Nasdem) DPRD Kaltim Puji Setyowati di lapangan futsal yang terletak dalam gang 2, Jalan Pesut, Kelurahan Sungai Dama, Kecamatan Samarinda Ilir, Kota Samarinda, Minggu (26/11/2023). Pada Sosbang kali itu, Puji Setyowati kembali memaparkan soal pentingnya empat pilar kebangsaan.

Pada sosialisasi yang dihadiri warga Rukun Tetangga (RT) 10, 11, 12 dan RT 13 dari berbagai kalangan yang didominasi oleh ibu-ibu ini, Puji Setyowati mengatakan materi yang disampaikan penting bagi masyarakat sebagai penguatan dalam hidup berbangsa dan bernegara.

“Kita berikan penguatan kepada masyarakat bagaimana budaya dan sendi Pancasila yang sudah diterapkan di masyarakat tetap harus kita jaga dengan baik, silaturahmi tetap kita rekatkan dengan baik, dan saling gotong royong,” ujar Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kaltim ini.

Dia menambahkan, wawasan kebangsaan harus diingatkan kembali saat pesta demokrasi Indonesia sudah mulai dekat penyelenggaraannya agar masyarakat saling menghargai perbedaan pilihan dalam memilih pemimpinnya nanti.

“Mereka saling asah, asih, asuh tidak berbicara tentang warna tetapi bagaimana kepentingan kebersamaan itu dalam rangka memilih pemimpin yang bisa mewakili mereka di mana tinggal,” kata Puji, sapaan akrabnya.

Puji menekankan pentingnya pemahaman masyarakat Kaltim terhadap Pancasila yang terkandung dalam masing-masing sila untuk dituangkan dalam kehidupan pribadi dari semua kalangan, “jadi bagaimana menanamkan Pancasila, bisa dan mampu memberikan penguatan bagi pribadi masyarakat Kaltim tidak hanya orang tua tapi juga anak-anak.”

Wakil rakyat dari daerah pemilihan Samarinda ini mengungkapkan dalam lirik lagu kebangsaan Indonesia Raya juga berisikan ajakan untuk tidak ragu atau memberikan semangat supaya membela dan menjaga NKRI pada umumnya dan Kaltim pada khususnya.

“Dalam lagu Indonesia Raya juga memberikan penguatan seperti pada lirik ‘bangunlah jiwanya bangunlah badannya’, jadi dengan jiwa yang kuat ada keteguhan dalam hati kita percaya Indonesia negara yang punya fondamen yang kuat maka kita bersama masyarakat bisa membangun Kaltim,” papar  Puji.

Pada sosialisasi tersebut, politisi Partai Demokrat ini didampingi dua narasumber yakni akademisi Universitas Mulawarman (Unmul) Warnatun Najidah dan Jahidun, akademisi Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Hadi Purnomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com