Pj Gubernur Minta Maksimalkan Komunikasi untuk Optimalkan Anggaran

BALIKPAPAN – PENJABAT (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik memberikan catatan khusus terkait serapan anggaran dan beberapa kegiatan yang tidak bisa terlaksana pada 2023. Catatan penting yang diberikannya salah satunya adalah soal komunikasi.

“Kita harus memaksimalkan komunikasi dalam rangka mengoptimalkan anggaran. Bukan hanya komunikasi dengan kabupaten-kota tetapi juga dengan legislatif dan pemerintah pusat,” kata Akmal Malik saat membuka Rapat Pimpinan Perangkat Daerah Provinsi Kaltim, di Hotel Novotel Balikpapan, Rabu (27/12/2023).

Catatan ini diberikannya setelah mendapatkan penjelasan dari para pimpinan perangkat daerah yang hingga 24 Desember 2024 realisasi belanja anggarannya masih kurang dari 74,99 persen. Secara umum permasalahan yang disampaikan karena adanya tambahan dana.

Menurut Pj Gubernur, perangkat daerah harus meningkatkan kualitas kinerja perencanaan sehingga serapan anggaran lebih baik lagi.

“Kalau memang ada tambahan anggaran harus dipastikan dulu bisa kita eksekusi dalam waktu singkat eksekusi dalam waktu yang cepat” tegasnya.

Karena itu sambungnya, perlu komunikasi yang bagus baik dengan pusat maupun legislatif terkait alokasi pokok pokok fikiran (pokir).

“Kalau memang tidak bisa katakan tidak bisa. Bagi saya itu hanya persoalan komunikasi” tandas Akmal Malik.

Dia juga mengingatkan perencanaan yang kurang bagus perlu diantisipasi kedepannya.

 

Selanjutnya dia juga menekankan agar perencanaan anggaran harus disesuaikan dengan kemampuan perangkat daerah dan harus selalu direview. Dan hal ini penting untuk melaksanakan program yang menjadi tanggungjawab pemerintah.

“Saya berterimakasih atas sejumlah capaian preatasi yang sudah diraih. Kinerja sudah bagus dan mudah mudahan semakin baik lagi tahun depan” pungkasnya. []

Penulis : Himawan Yokominarno | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com