Diresmikan pada Malam Tahun Baru, Menara Tuah Himba jadi Ikon Kota Tenggarong

KUTAI KARTANEGARA – IKON baru Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), yakni Menara Tuah Himba di Kecamatan Tenggarong telah resmi dibuka untuk umum pada Minggu (31/12/2023) malam.

Pemkab Kukar pun akan mengembangkan kawasan Bundaran Tuah Himba agar lebih menarik dan ramai dikunjungi wisatawan. Salah satunya dengan membangun lokasi pujasera sebagai sarana pusat perbelanjaan.

“Tentunya nanti sesudah menyelesaikan pembangunan gedung Komite Ekonomi Kreatif (Kekraf) yang ditargetkan akan dikerjakan di tahun 2024 ini,” kata Bupati Kukar Edi Damansyah.

 

Ia mengatakan landmark Menara Tuah Himba berdiri di lokasi proyek bekas pembangunan Patung Naga yang terhenti pada 2014 lalu. Pada 2023, menara ini dilanjutkan oleh Pemkab Kukar. Kini Menara Tuah Himba menjadi salah satu ikon baru kebanggaan masyarakat Kukar dan tentunya menambah keindahan Kota Tenggarong.

“Masyarakat juga kita libatkan dalam desain ini, jadi tidak kami saja yang menetapkan. Semoga masyarakat bisa ikut menjaganya,” ucapnya.

Ia menyebutkan lokasi Bundaran Tuah Himba terletak persis di depan Jembatan Kartanegara. Bangunan ini terdiri dari tiga bagian yang memiliki arti serta filosofi. Di mana tiga bagian tersebut merupakan elemen kehidupan di Kutai Kartanegara.

“Bagian atas artinya langit, bagian tengah artinya manusia dan bagian bawah artinya tanah dan air,” ungkapnya.

Tidak hanya memiliki filosofi yang unik dan menarik, landmark ini juga menampilkan keindahan dari sinar lampu tematik dan pancuran air, sehingga memberikan kesan keindahan, ketentraman serta ketenangan di kota Raja.

“Ini belum sepenuhnya selesai, nanti akan ditambah pagar dan kita bangun kawasan untuk kuliner di kawasan tersebut. Kami ingin menambah daya tarik kota Tenggarong,” pungkasnya.[]

Penulis : Jemi Irlanda Haikal | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com