Run To Sustain Pupuk Kaltim Diramaikan 1000 Peserta

BONTANG – PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menggelar acara lari lima kilometer (Run to Sustain 5K) yang diikuti 1.000 peserta dari karyawan dan keluarga mereka dan menjadi pembuka peringatan Bulan K3 Nasional (BK3N) Pupuk Kaltim tahun 2024,

“Acara ini bertujuan untuk meningkatkan pola hidup sehat dan kesadaran akan budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di lingkungan perusahaan,” kata Ketua BK3N Pupuk Kaltim 2024 Awalia Noor Baroroh usai kegiatan yang digelar di Halaman Parkir GOR Pupuk Kaltim, Sabtu (13/1/2024).

Acara ini mengusung tema “Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlanjutan Usaha”.  Selama satu bulan ke depan, Pupuk Kaltim  mengadakan berbagai kegiatan yang melibatkan karyawan, keluarga, masyarakat, dan pelajar di Kota Bontang, untuk mengampanyekan pentingnya budaya K3 bagi semua pihak.

Awalia mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari komitmen seluruh karyawan Pupuk Kaltim dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat, sehingga produktivitas dapat terus terjaga secara optimal.

“Kami juga ingin mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dengan menanam pohon di lingkungan tempat tinggal. Ini adalah salah satu cara untuk mendukung program dekarbonisasi dan pencapaian Net Zero Emission,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Operasi Pupuk Kaltim F Purwanto menegaskan, aspek K3 adalah investasi berkelanjutan yang melibatkan seluruh karyawan yang memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan kerja aman dan sehat secara berkelanjutan.

“Kami mengacu kepada Sistem Manajemen K3 (SMK3) yang telah terintegrasi dalam satu sistem, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 50 tahun 2012 dan standar  International Organization for Standarzation. (ISO) 45001,” katanya.

Hal tersebut, lanjutnya, untuk memastikan pemenuhan aspek K3 di seluruh aktivitas proses bisnis perusahaan berjalan maksimal, sekaligus menjadi pedoman kami dalam mencapai Production Excellence. Purwanto juga menambahkan, keberlanjutan usaha tidak hanya diukur dari aspek finansial, namun juga dari aspek sosial dan lingkungan.

“Kami berharap, melalui peringatan BK3N ini, kami dapat memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan karyawan, keluarga, masyarakat, dan lingkungan,” tuturnya.

Kegiatan Run to Sustain BK3N Pupuk Kaltim tahun ini menghadirkan runner dan mantan Putri Indonesia Melanie Putria, yang turut berbagi sejumlah tips kesehatan untuk memotivasi karyawan menumbuhkan semangat berolahraga.

“Faktor kemauan dari dalam diri menjadi poin utama untuk mulai menekuni olahraga seperti halnya lari, sehingga dapat konsisten dalam pelaksanaannya,” jelas Melanie.

Menurutnya, memulai olahraga tidak bisa instan, tapi dibutuhkan kegigihan serta komitmen sebagai tujuan untuk mulai berlatih. Termasuk pemahaman dan pengetahuan teknik olahraga yang benar, guna meminimalisir cedera yang didukung perlengkapan sesuai kebutuhan.

“Namun dari hal tersebut, kemauan dan niat menjadi hal utama agar yang kita lakukan itu bisa konsisten. Ini menjadi penting, karena olahraga itu harus bertahap agar bisa menjadi rutinitas,” terang Melanie. []

Penulis : Merinda Febrianti | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com