Komitmen Pemkab Pertahankan Komunitas Seni di Kukar

KUTAI KARTANEGARA – SEKRETARIS Daerah (Sekda) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono menegaskan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar berkomitmen pertahankan kelompok dan komunitas seni di Kukar. Hal itu ditegaskan Sunggono usai acara penyerahan alat kesenian kepada kelompok seni dan komunitas seni, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) pemangku adat serta Mitraden di Gedung Serbaguna Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, Kamis (25/01/2024).

“Pokdarwis ini bentuk pelestarian adat dan kebudayaan. Ini merupakan hal yang positif sebab seperti yang kita tahu bahwa desa kan sangat rawan terkena masalah adat, namun ternyata dengan adanya pokdarwis dan desa wisata ini menunjukkan bahwa adat bisa terus lestari dan tak menjadi masalah,” kata Sekda Sunggono.

Dia juga mengajak seluruh komponen pemerintah dan masyarakat untuk sama-sama bergandengan tangan demi membangun sektor wisata di Kutai Kartanegara.

“Kita sama-sama membangun wisata Kukar. Hal ini serasi pula dengan adanya Ibu Kota Nusantara (IKN) nantinya. Sehingga ke depannya hal ini akan lebih mengenalkan Kabupaten Kukar,” lanjutnya.

Sunggono menjelaskan bahwa Pemkab Kukar akan selalu mendukung segala bentuk pelestarian kebudayaan yang hadir. Salah satunya dengan mengadakan program-program untuk meningkatkan ekonomi melalui desa wisata dan ekonomi kreatif.

“Untuk saat ini, kami berkomitmen untuk mempertahankan kelompok dan komunitas seni di Kukar, sebagaimana telah disampaikan oleh Bupati, bahwa kami akan terus mensupport apa yang berkembang di masyarakat dengan cara membantu, kemudian memotivasi kebutuhan yang memang mereka butuhkan selama proses pelestarian budaya itu,” papar Sunggono. []

Penulis: Nistia Endah Juniar Prawita | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com