Debat Kelima Faktor Penentu Final Capres Cawapres Tahun 2024

JAKARTA –  Debat Calon Presiden (Capres) terakhir sebelum pemilihan presiden 2024 berlangsung sengit dan menarik. Ketiga kandidat, Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo, saling beradu argumen dan gagasan tentang berbagai isu penting. Hasil debat Capres ke-5 semalam menjadi sorotan publik, karena menunjukkan penilaian positif dari responden survei Litbang Kompas.

Debat Capres ke-5

Publik memperhatikan kinerja Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo dalam debat capres terakhir, Minggu (04/02/2024). Survei Litbang Kompas menunjukkan bahwa ketiga kandidat mendapat apresiasi baik dari responden dengan skor di atas 7.

Apresiasi ini didasarkan pada jawaban 68,7 persen dari responden yang menyaksikan debat saat survei dilakukan. Rata-rata margin of error penelitian saat debat ±6,93 persen dalam kondisi pengambilan sampel acak sederhana.

Dalam survei itu, publik mengevaluasi kemampuan ketiga capres menjawab pertanyaan dengan fasih dan jelas, penguasaan masalah, serta penampilan kandidat di atas panggung. Penampilan pakaian, sikap, dan ekspresi yang diperlihatkan setiap capres juga menjadi bagian dari evaluasi publik.

  • Skor Anies Baswedan

Hasilnya, Anies Baswedan memperoleh skor 7,5 dalam hal menjawab pertanyaan, 7,4 dalam penguasaan topik, dan 7,9 dalam penampilan di atas panggung. Rata-rata skor Anies dalam debat Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024 kelima adalah 7,6.

Bila dibandingkan dengan debat pertama dan ketiga, responden menilai Anies menunjukkan peningkatan. Sebelumnya, mantan gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta itu diberi skor rata-rata 7,2 saat debat pertama dan 7,5 dalam debat ketiga.

  • Skor Prabowo Subianto

Sedangkan itu, responden memberi Prabowo Subianto skor 7,0 dalam hal menjawab pertanyaan, 7,0 dalam penguasaan topik, dan 7,4 dalam penampilan di atas panggung. Skor rata-rata Prabowo dalam debat kali ini adalah 7,1. Publik menilai Prabowo menunjukkan peningkatan saat tampil debat. Sebelumnya, ketua umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu diberi skor rata-rata 6,6 dalam debat pertama dan 7,0 dalam debat ketiga.

  • Skor Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo diberi skor 7,3 untuk kemampuan menjawab pertanyaan, 7,4 untuk penguasaan topik, dan 7,4 untuk penampilan di atas panggung debat. Publik memberi Ganjar skor rata-rata 7,3. Skor rata-rata Ganjar dalam debat Pilpres 2024 kelima sedikit menurun dibanding debat ketiga yang mencapai 7,5. Namun, mantan gubernur Jawa Tengah itu mendapatkan penilaian lebih baik dibanding skor debat pertama 7,0.

Redaksi07

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Verified by MonsterInsights