Ketua Bawaslu Balikpapan Pastikan Setiap Lapas Memiliki TPS

BALIKPAPAN –  KETUA Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Balikpapan, Wasanti mengungkapkan, pihak terus memaksimalkan penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu) 2024 agar dapat diikuti seluruh warga negara yang telah memiliki hak pilih. Salah satu yang sedang dioptimalkan adalah berkenaan dengan hak pilih warga binaan.

Karena itu Wasanti mengungkapkan, pihaknya sedang memastikan seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) mempunyai Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sehingga kegiatan pemilihan oleh warga binaan bisa berjalan dengan optimal.

“Karena Bawaslu Balikpapan saat ini tidak mengurusi sosialisasi terkait pemilu di Lapas, maka kami hanya memastikan seluruh Lapas mempunyai TPS sebagai sarana memilih para warga binaan,” katanya ditemui beritaborneo.com usai acara Hajatan Rakyat Kaltim, di Balikpapan Sport and Convention Center (BSCC) Dome Balikpapan, Selasa (06/02/2024).

Dia juga mengatakan bahwa momen pemilu ini sangat penting dan tidak bisa dikesampingkan. Sehingga perlu kerjasama yang baik antar setiap pihak, baik itu penyelenggara, pemerintah maupun pengelola lapas-lapas tersebut.

Wasanti menyebutkan bahwa tidak ada kendala dalam usaha mengoptimalkan kehadiran TPS di setiap lapas menjelang waktu pemilu ini. Dia sangat optimis bahwa partisipasi warga binaan di lapas sangat tinggi dalam pemilu ini.

“Sampai saat ini, kami belum ada mengalami kendala yang memberatkan terkait dengan penyediaan TPS-TPS di setiap lapas di Balikpapan,” tutupnya. []

Penulis: Nistia Endah Juniar Prawita | Penyunting : Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com