Dampingi Mendagri di IKN, Pj Gubernur Minta Perhatian Pemerintah Pusat

IKN, PENAJAM – PENJABAT (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik mendamping Menteri Dalam Negeri (Mendagri) RI Tito Karnavian melakukan kunjungan ke Ibu Kota Nusantara (IKN), Kamis (22/02/2024).

Dalam kunjungannya, Mendagri RI berkesempatan melihat tiga lokasi bangunan yaitu Istana Presiden, Plaza Seremoni (ruang untuk aktivitas publik dan seni budaya), dan tapak rumah dinas menteri.

Dalam kesempatan kunjungannya itu, Mendagri tidak hanya melihat progres pembangunan di IKN saja tapi juga melakukan pemantauan pelaksanaan tugas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim yang saat ini dijalankan oleh Pj Gubernur.

“Jadi tentunya saya sebagai bawahan, beliau menanyakan bagaimana progres pelaksanaan tugas di Kaltim. Saya sampaikan, Alhamdulillah berkat dukungan dari Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah -red.), semuanya berjalan dengan baik,” kata Akmal Malik.

Sementara terkait dengan pelaksanaan tugas pelayanan publik oleh Pemprov Kaltim, dia menyampaikan telah berjalan sesuai dengan perencanaan yang ditetapkan. “Dan terkait dengan dukungan pelayanan publik semua masih tetap berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Pj Gubernur juga melaporkan terkait dukungan pemerintah terhadap IKN. Pemerintah bersama dengan Forkopimda kata dia, memberikan dukungan secara maksimal. “Terkait dukungan pemerintah terhadap IKN sama, juga saya sampaikan bahwa kami bersama-sama dengan Forkopimda memberikan dukungan secara maksimal,” ujar Akmal Malik.

Di samping menyampaikan laporan atas pelaksanaan tugas, dia juga meminta arahan kepada Mendagri RI agar kiranya pemerintah pusat dapat memberikan perhatian yang lebih besar bagi Provinsi Kaltim. Hal ini dikarenakan permasalahan yang dihadapi Benua Etam sangat besar dan kompleks.

“Kami minta arahan pak Mendagri tadi, agar dapat memberikan perhatian yang besar (bagi Provinsi Kaltim) karena permasalahnya juga cukup besar,” imbuh Pj Gubernur yang didampingi Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) VI Mulawarman Tri Budi Utomo, Kepala Kepolisian Daerah (Polda) Kaltim Nanang Avianto dan Pj Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Marmur Marbun serta jajaran Forkopimda PPU. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com