FKP Kukar Ingatkan Pentingnya Legalitas Bagi Usahawan

KUTAI KARTANEGARA – KLINIK Wirausaha Pemuda Mandiri (WPM) Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP) menggelar kegiatan sharing, pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) dan Sertifikasi Halal sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang legalitas usaha.

Kegiatan bertempat di Ruang Klinik WPM, Gedung Bela Diri Kompleks Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang, Kamis (22/02/2024) itu diikuti 30 peserta, terutama pemuda pengusaha muda Kukar usia 16-30 tahun. Kegiatan menghadirkan narasumber dari Tenaga Ahli Klinik WPM Dispora Kukar Rifyanto, Sub Koordinator Pelayanan Elektronik Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Satu Pintu (DPMPTSP) Kukar Choirul Anwar Roy, serta dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kukar Mukmin.

Ketua FKP Kukar Indah Yulita Sari menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan inisiatif FKP yang bekerja sama dengan Klinik WPM Dispora Kukar. Adapun latar belakangnya kata dia, karena melihat masih banyaknya pengusaha muda dari usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang belum menyadari pentingnya legalitas usaha. Seperti persyaratan sertifikasi halal yang wajib diterapkan bagi produk, mulai Oktober 2024.

“Karena banyak peserta yang belum memahami apa itu NIB, sehingga kegiatan ini juga menjadi kesempatan untuk memberikan pemahaman mengenai hal tersebut,” ucap perempuan berkacamata yang akrab disapa Ma’cii ini.

Ma’cii mengungkapkan, kegiatan tersebut difokuskan pada peserta yang bergerak di bidang usaha makanan. Namun juga melibatkan mereka yang berbisnis di bidang media, karena NIB diperlukan untuk semua jenis usaha.

“Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat memberikan pemahaman yang lebih luas tentang pentingnya legalitas usaha, terutama NIB dan sertifikasi halal.” jelasnya.

Indah menegaskan, selain membantu peserta dalam pembuatan NIB, FKP juga bertujuan untuk memberikan pengetahuan yang dapat mereka bagikan kepada orang lain. “FKP Kukar berharap dengan meningkatkan pengetahuan pengusaha muda tentang legalitas usaha, dapat membantu pertumbuhan ekonomi UMKM Kukar lebih baik lagi,” tutupnya. []

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com