Sektor Pariwisata Pecahkan Rekor PAD Rp 1,4 Miliar

KUTAI KARTANEGARA – DINAS Pariwisata (Dispar) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) berhasil mencapai target Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada 2023 lalu.

Kepala Dispar Kukar H Slamet Hadiraharjo menyebut, pada tahun 2023 yang lalu Dispar mendapatkan target PAD pada sektor pariwisata sekitar Rp 1,4 milliar. PAD tersebut bersumber dari obyek wisata yang dikelola oleh pemerintah daerah, yakni Pantai Tanah Merah di Samboja, Pulau Kumala, Planetarium Jagat Raya, Waduk Panji Sukarame dan Tugu Equator Khatulistiwa di Marang Kayu.

“Namun yang mendominasi penyumbang PAD terbesar masih Pantai Tanah Merah, untuk wisata lainnya juga menyumbangkan PAD tapi belum sebanyak Pantai Tanah Merah,” ucapnya kepada awak media di Kantor Dispar Kukar, Tenggarong, Jumat (23/02/2024).

Dirinya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak khususnya masyarakat, yang telah mengunjungi dan berkontribusi pada sejumlah wisata di Kukar. Serta, pengelola wisata yang terus berupaya meningkatkan daya tarik pengunjung.

“Terima kasih seluruh pihak, semoga wisata yang kami suguhkan bisa membuat nyaman pengunjung dan terhibur,” ungkapnya.

Ia mengharapkan obyek wisata di Kukar baik yang dikelola oleh pemerintah daerah maupun yang dikelola wisata semakin maju dan berkembang. “Apabila wisata tersebut maju dan berkembang pastinya dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, sehingga mewujudkan masyarakat yang sejahtera,” pungkasnya.[]

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com