Kembangkan Coklat di Lung Anai, Disbun Kukar Kolaborasi dengan PT MHU

KUTAI KARTANEGARA – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) beberapa waktu yang lalu melakukan peninjauan rumah produksi kakao di Desa Lung Anai, Kecamatan Loa Kulu.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kukar Muhammad Taufik mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan PT Multi Harapan Utama (MHU) untuk mengembangkan rumah produksi kakao tersebut. Sebagai salah satu sumber pendapatan tambahan masyarakat Desa Lung Anai, yang selama ini berasal dari sektor pertanian dan perkebunan.

“Rumah produksi coklat bagian dari kolaborasi kita dengan MHU untuk mendukung pengembangan kakao di Lung Anai,” ucapnya kepada awak media pada Sabtu (24/02/2024).

Taufik menjelaskan Desa Lung Anai memiliki lahan potensial kakao sekitar 300 hektar, namun baru sekitar 120 hektar lahan yang digunakan yang tersebar pada beberapa titik di desa. Hasil olahan cokelat kemasan Lung Anai memiliki empat varian, yakni cokelat susu, cokelat dark, cokelat mete, dan cokelat keju.

Meskipun produksi kakao masih tergolong kecil karena terbatas sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki, namun hasil produksi kakao saat ini sudah bermitra dengan perusahaan yang di Bali. Sehingga membuka peluang untuk memasuki pasar internasional.

Dia mengatakan, pihaknya bersama Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop–UKM) telah memberikan fasilitas untuk menunjang produksi. Diantaranya mesin pengupas, mesin pengering, mesin penggiling, serta pendampingan sertifikasi halal.

“Kita akan berikan pelatihan-pelatihan agar bisa meninagkatkan kualitas produksi,” tuturnya.

Selain rumah produksi kakao, pihaknya telah merencanakan akan membuka rumah produksi kopi di Desa Jonggon Jaya. []

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com