Kios Penyeimbang SIGAP Wujud Nyata Kolaborasi Atasi Inflasi

SAMARINDA – PENJABAT (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik meresmikan Kios SIGAP (Siap Jaga Harga dan Pasokan) yang merupakan kolaborasi antara Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kaltim, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda dan Perusahaan Daerah Melati Bhakti Satya (Perusda MBS).

Ditandai dengan pengguntingan pita, Pj Gubernur secara resmi membuka dimulainya operasional Kios SIGAP yang berlokasi di lantai 2 Pasar Segiri, Jalan Pahlawan, Samarinda, Minggu (3/2/2024).

Kios Penyeimbang SIGAP, ungkap Akmal Malik adalah wujud nyata kolaborasi untuk menyelesaikan persoalan ketersediaan bahan pokok bagi masyarakat. Dan itu harganya harus lebih terjangkau.

“Kita tidak bisa menyelesaikan persoalan pangan dan inflasi ini dengan pendekatan parsial tetapi harus berkolaborasi,” tandasnya.

Dia mengakui, pihaknya tidak bisa memastikan ada persoalan suplay dan demand. Kalau demand atau permintaannya tinggi, pasti harganya akan naik. Dan itu sudah merupakan hukum ekonomi sudah pasti akan terjadi.

“Karena itu tugas pemerintah melakukan intervensi ketika harga itu sudah mulai tidak wajar,” ujarnya.

Akmal Malik juga berharap kehadiran Kios Penyeimbang SIGAP akan dapat terwujud di kabupaten/kota lainnya, seperti Balikpapan, Penajam Paser Utara dan Berau. “Mudah-mudahan dalam waktu dekat ini dapat segera terealisasi,” pungkasnya.

Peresmian Kios Sigap Samarinda turut dihadiri Wakil Walikota Samarinda Rusmadi Wongso, Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim Sri Wahyuni, Kepala Badan Pusat Statistik Kaltim, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kaltim, Kepala Dinas Perdagangan Kota Samarinda Marnabas dan Direktur Utama Perusda MBS Aji Abidharta Hakim. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com