Wali Kota Andi Harun Minta Puskesmas Sediakan Layanan Digital

SAMARINDA – LAYANAN digital merupakan sarana yang efektif dalam menangkap keluhan masyarakat secara cepat sehingga dapat memberikan respon dengan tepat.

Karena itulah, saat memberikan sambutan dalam peresmian Gedung Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Sempaja, Jalan Wahid Hasyim II Samarinda, Senin (4/3/2024), Wali Kota Samarinda Andi Harun meminta Kepala Dinas Kesehatan dan Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) agar menyediakan layanan digital yang aktif di media sosial (medsos).

“Aktifkan medsos, juga disiapkan petugasnya untuk pelayanan berbasis digital atau web, petugas yang bisa menangkap keluhan masyarakat. Harus ada protokolnya, seperti Doctor On Call,” pintanya.

Selanjutnya Walikota Samarinda itu juga berharap keberadaan gedung Puskesmas yang baru ini juga dapat memberikan solusi atas tantangan persoalan kesehatan masyarakat. Terutama dalam mengatasi stunting, menurunkan angka kematian bayi dan ibu melahirkan, serta menekan angka penyakit menular juga tidak menular.

“Keberadaan Puskesmas ini tentunya harus dimanfaatkan dalam menjawab tantangan kebutuhan masyarakat terutama pada bidang pelayanan kesehatan. Yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Samarinda keseluruhan,” harapnya.

Gedung UPTD Puskesmas Sempaja ini terdiri dari tiga lantai dilengkapi lift. Di gedung itu terdapat ruang pelayanan masyarakat, ruang tindakan, ruang TBC, administrasi perkantoran, ruang farmasi, ruang laboratorium, alat kesehatan dan fasilitas tertentu.

Andi Harun juga menyoroti masih adanya kekurangan pada fasilitas gedung, seperti masih kurangnya daya listrik, genset dan CCTV. Seraya memastikan semua untuk segera ditindaklanjuti melalui kerjasama dengan pihak terkait. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com