Gubernur Kalbar Ikuti Panen Raya Padi, Harap Ketahanan Pangan Ditingkatkan

BENGKAYANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalimantan Barat (Kalbar) melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura melaksanakan kegiatan panen raya padi di Kelompok Tani Balo Banuan, Desa Setia Jaya, Kecamatan (Kec.) Teriak, Kabupaten (Kab.) Bengkayang, pada hari Kamis (07/03/2024).

Kegiatan panen raya padi yang dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kalbar Harisson, ini juga dihadiri oleh Bupati Bengkayang Sebastianus Darwis, Penjabat Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kalbar Windi Prihastari, Para Kepala Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) Pemprov Kalbar, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Kab. Bengkayang, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopincam) Kec. Teriak dan Kepala Desa Setia Jaya.

Adapun lahan sawah Poktan Balo Banuan yang melaksanakan panen raya ada seluas 22,5 hektare. Dengan rata-rata per hektarenya mampu menghasilkan sekitar empat ton Gabah Kering Giling (GKG), dan pelaksanaan panen sebanyak dua kali dalam setahun.

Dalam sambutannya Harisson mengungkapkan bahwa produksi padi Kalbar pada Tahun 2023 menurun sekitar 1,42%, tetapi untuk Kab. Bengkayang di Tahun 2023 ini merupakan salah satu Kab. yang meningkat, untuk itu kita memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Bupati Bengkayang serta seluruh OPD yang telah berhasil meningkatkan produktivitas padi di Tahun 2023.

Kedepan memang ketahanan pangan di seluruh daerah Kalbar ini harus kita tingkatkan dengan mengaktifkan sawah-sawah yang ada sekitar satu juta Ha menurut data BPS tidak aktif. Januari sampai April 2024 kita sudah memasuki masa panen raya, kita hitung ini akan surplus di Kalbar dan kebutuhan masyarakat akan tercukupi.

Sementara itu, dalam sambutannya Bupati Bengakayang Sebastianus Darwis mengungkapkan bahwa Pemerintah sudah menetapkan bahwa sektor pertanian sebagai program strategis nasional mewujudkan swasembada pangan. Sektor Tanaman Pangan khususnya padi mempunyai peranan yang strategis dan juga penting dalam membangun perekonomian daerah.

Selain berperan sebagai penyedia pangan, juga sebagai penyedia lapangan kerja dan sumber pendapatan masyarakat serta merupakan salah satu komoditas yang mampu mengendalikan inflasi daerah terutama menjelang hari raya lebaran.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Prov. Kalbar Florentinus Anum mengungkapkan bahwa Tujuan dari pelaksanaan kegiatan panen raya ini adalah dalam rangka kita memberikan semangat kepada para petani kita di Kalbar khususnya di Kab. Bengkayang untuk terus melaksanakan pembangunan pertanian di daerah kita.

Oleh karena itulah pada hari ini kegiatan panen raya padi secara serentak di beberapa kelompok tani, bahkan sampai April nanti kita masih akan melaksanakan kegiatan panen raya. Ini adalah momen yang sangat baik untuk kita lebih meningkatkan pertanaman dan produksi padi untuk mengantisipasi kondisi pangan kita akhir-akhir ini, untuk menyiapkan kebutuhan pangan.

“Selamat untuk kita semua yang telah sukses melaksanakan kegiatan panen raya ini dimana kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak Gubernur Kalbar, Bapak Bupati Bengkayang dan Forkopimda yang telah mendukung kita untuk terus berproduksi menyiapkan kebutuhan pangan di Kabupaten Bengkayang ini, terus bekerja dan berdoa sehingga kita diberikan kemudahan dalam upaya kita membangun pertanian di Bumi Kalimantan Barat ini” Ungkap Anum. []

Redaksi07

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com