Operasi Sembako Murah, Catat Tanggalnya!

TENGGARONG – MENYAMBUT datangnya bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) akan menggelar operasi pasar murah pada Minggu, 10 Maret mendatang.

Demikian disampaikan Plt Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kukar Wiyono didampingi Kepala Dinas Ketahanan Pangan (Kadisketapang) Sutikno, usai rapat koordinasi bersama stakeholder terkait di ruang Serbaguna Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, Senin (04/03/2024) Beberapa waktu lalu.

Wiyono mengungkapkan, saat ini pergerakan pangan ada kenaikan. Mudah-mudahan dengan adanya gerakan pangan murah ini nanti bisa membantu untuk menurunkan harga bahan pokok. Karena sebentar lagi akan memasuki bulan puasa dan lebaran.

“Gerakan Pasar Murah ini menjadi salah satu upaya untuk membantu masyarakat mengurangi bebanya,” ungkapnya

Wiyono menerangkan bahwa beberapa bahan pangan di pasar khususnya pasar Mangkurawang mengalami kenaikan salah satunya adalah beras. Hasil pemantauan mendapatkan harga beras sekitar Rp. 17 ribu yang dijual para pedangang pasar, sedangkan di petani berkisar antara Rp. 14-15 ribu.

Wiyono menyampaikan bahwa dari hasil rapat koordinasi terkait persiapan rencana gerakan pangan murah, operasi pasar murah akan dilaksanakan saat acara Car Free Day.

“Kami juga sudah mengundang stakeholder lainnya seperti Bulog, Indomaret, Eramart yang nantinya sama-sama untuk mengisi tenda yang telah disediakan oleh pemerintah daerah. Ada sekitar 40 tenda lebih,” tutur Wiyono.

Pihaknya mendapat laporan dari DKP dan juga Distanak Kukar bahwa para petani saat ini mulai memanen hasil pertanian. Sehingga diperkirakan mampu untuk memenuhi konsumsi beras masyarakat.

“Jadi setidaknya kita tidak perlu khawatir untuk ketersediannya (beras),” tutup Wiyono. []

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com