Desa Loh Sumber Kukar Fokus Pulihkan Pariwisata Usai Pandemi

KUTAI KARTANEGARA – Desa Loh Sumber, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan timur (Kaltim), mengambil langkah proaktif untuk menghidupkan kembali pariwisata. Sektor pawisata Desa Loh Sumber ini sebelumnya sempat redup akibat pandemi Covid-19.

Kepala Desa (Kades) Loh Sumber, Sukirno, mengumumkan rencana evaluasi besar-besaran untuk memulihkan agrowisata Mapantama dan Wisata Juang. “Kita akan bangkit kembali, memulai dari awal tidak menjadi masalah,” kata Sukirno, Kamis (21/03/2024).

Kata dia, desa Loh Sumber juga dikenal dengan potensi sejarahnya. Di Desa Loh Sumber, ada Sumur dan Tugu Pembantaian yang menjadi saksi bisu tragedi masyarakat Loa Kulu pada tahun 1946. Sukirno berharap, dengan dukungan Dinas Pariwisata (Dispar) dan Dinas Pendidikan (Disdik) Kukar, situs-situs bersejarah ini dapat dijadikan sarana edukasi bagi generasi muda.

“Kita mengharapkan tanggung jawab bersama dan kerja sama dari semua pihak, dari tingkat desa hingga tingkat atas, untuk membangun kembali potensi wisata ini,” tutup Sukirno. Dengan inisiatif ini, Desa Loh Sumber berupaya menggali kembali nilai-nilai historis dan keindahan alam yang dimiliki.

Upaya ini sebagai langkah untuk membangkitkan sektor pariwisata yang merupakan salah satu pilar penting ekonomi desa. []

Redaksi08/adv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com