Pusban Bukit Biru Diresmikan, Bupati Minta Aktif Setiap Hari

TENGGARONG – PEMBANGUNAN Gedung Puskesmas Pembantu (Pusban) Kelurahan Bukit Biru kini rampung dan telah diresmikan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah, Kamis (21/03/2024).

Edi mengatakan, sebelumnya untuk mengakses pelayanan kesehatan masyarakat harus ke Puskesmas di Rapak Mahang. Maka dari itu, pusban tersebut sengaja dibangun berdekatan dengan jalan poros, sehingga masyarakat Bukit Biru bisa dengan mudah mengakses layanan kesehatan terutama untuk hal yang darurat.

“Pusban ini punya ruang emergency. Jadi kalau ada sesuatu terjadi misalkan ada kecelakaan di sekitar sini, bisa segera mendapatkan penanganan,” ucap Edi.

Ia meminta agar Pusban tersebut aktif setiap harinya, terlebih dengan kelengkapan tenaga kesehatan (nakes) yang ada. Dengan diresmikannya Pusban Bukit Biru, tentu dapat menyanggupi layanan-layanan kesehatan warga Kelurahan Bukit Biru.

Lebih lanjut, Pelaksana Tugas (Plt) Lurah Bukit Biru Seri Erlinawati memastikan permintaan Edi tersebut. Dia mengatakan, setelah diresmikan Pusban Bukit Biru akan langsung beroperasi. Dengan posisi Pusban yang berada di pinggir jalan poros, dirinya akan mengupayakan operasionalnya bisa 24 jam.

“Saya harapkan tolong dibantu apa yang menjadi kekurangan di pusban ini. Karena pelayanan kesehatan ini  penting,” ucap Seri.

Pihaknya juga sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar untuk pemenuhan fasilitas dari penambahan alat kesehatan (Alkes) hingga penyelesaian semenisasi di depan Pusban.

“Karena, dengan nakes yang ada dan gedung baru. Otomatis Alkes baru sangat diperlukan untuk keoptimalan pelayanan,” tutupnya.[]

Penulis: Jemi Irlanda Haikal | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com