Setelah Kemenangan atas Vietnam, Apakah Kontrak Shin Tae-yong Akan Diperpanjang?

JAKARTA – Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji mengakui prestasi Shin Tae Yong (STY) belakangan cukup baik saat ditanya soal peluang pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia itu diperpanjang kontraknya oleh Persatuan Sepakbola seluruh Indonesia (PSSI). Shin Tae Yong berhasil membawa Timnas Indonesia dua kali mengalahkan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026. STY membawa Tim Merah Putih menang 1-0 saat bermain di kandang dan mampu menang telak 3-0 saat bermain di Stadion My Dinh, Hanoi, markas Vietnam, Selasa (26/03/2024).

Hasil positif ini bukan saja memperbesar peluang Timnas Indonesia lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Namun juga menjadi bukti ampuhnya racikan taktik Shin Tae Yong yang juga sukses membawa Asnawi Mangkualam dan kawan-kawan lolos ke babak 16 besar Piala Asia 2023.

“Semua ada tahap dan janji yang harus dijalankan. Saya kira kalau semuanya tercapai dan terpenuhi, tidak ada yang tidak mungkin. Semua pasti mungkin [kontrak STY diperpanjang],” ujar Sumardji saat kepulangan Timnas Indonesia di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten, Rabu (27/03/2024) siang Waktu Indonesia Barat (WIB).

“Kita ketahui sendiri bahwa prestasi coach Shin akhir-akhir ini cukup baik. Saya kira ada pertimbangan tertentu. Itu nanti pak ketua umum [Erick Thohir] yang ambil keputusan,” ia melanjutkan. Kontrak Shin Tae Yong menukangi Timnas Indonesia akan berakhir pada Juni 2024. Artinya masa bakti mantan pelatih timnas Korea Selatan (Korsel) itu hanya tersisa kurang dari tiga bulan.

Sebelumnya, Erick Thohir mengatakan pihaknya akan memperpanjang kontrak Shin Tae Yong hingga 2027. Namun, ada dua syarat yang harus dipenuhi sang pelatih. Syarat pertama adalah membawa Timnas Indonesia ke babak 16 besar Piala Asia 2023 yang sudah dipenuhi. Selanjutnya, STY harus meloloskan Timnas Indonesia U-23 ke perempat final Piala Asia U-23 yang akan dihelat di Qatar pada (15/04/2024). []

Redaksi08

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com