Membayar Zakat Fitrah: Kapan Sebaiknya Dilakukan?

JAKARTA – Selain untuk berpuasa, di bulan Ramadan umat Islam juga wajib membayar zakat fitrah. Lantas, kapan waktu yang tepat untuk membayar zakat fitrah di bulan Ramadan? Zakat fitrah sering kali dianggap sebagai salah satu cara umat Islam untuk membersihkan diri dari berbagai kegiatan kotor yang dilakukan selama bulan Ramadan.

Umat Islam wajib mengambil sebagian dari hartanya untuk membayar zakat fitrah di bulan Ramadan. Zakat fitrah wajib dibayar oleh umat Islam, baik laki-laki maupun perempuan. Zakat fitrah juga tidak memandang tua atau muda, hingga kaya atau miskin. Sebab, siapa pun wajib membayar zakat.

Mengutip Nahdlatul Ulama (NU) Online, membayar zakat fitrah di bulan Ramadan bisa dilakukan kapan saja. Tapi, kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk membayar zakat fitrah? Dikatakan bahwa waktu wajib membayar zakat fitrah adalah akhir bulan Ramadan dan awal bulan Syawal. Zakat bisa dibayarkan di akhir Ramadan saat hendak memasuki 1 Syawal.

Tapi perlu diingat, menukil laman Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), membayar zakat lebih dari tanggal 1 Syawal tidak dianjurkan. Membayar zakat lebih tanggal 1 Syawal bahkan diharamkan dalam Islam. Oleh karena itu, umat Muslim dianjurkan untuk membayarkan zakatnya sebelum Idul Fitri sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Itulah penjelasan terkait pertanyaan kapan waktu yang tepat untuk membayar zakat fitrah, Sabtu (30/03/2024). []

Redaksi07

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com