Disperindag Kukar Akan Revitalisasi Tiga Pasar Desa Tahun Ini

KUTAI KARTANEGARA – Pada 2024 ini, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Kartanegara (Kukar) bakal melakukan revitalisasi di tiga lokasi pasar desa yakni pasar Desa Bunga Jadi Muara Kaman, Samboja dan Kembang Janggut, karena ada beberapa titik atau kios yang alami kerusakan.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Disperindag Kukar Sayid Fathullah melalui Kabid Sarana dan Pelaku Distribusi Anwari Fitrah mengatakan, bahwa revitalisasi ini dilakukan kerena ada beberapa kios yang perlu diperbaiki. Selama ini Disperindag Kukar terus berupaya melakukan perbaikan di pasar desa secara bertahap. “Rencananya tahun ini kami akan melakukan perawatan, perbaikan dan pemeliharaan di tiga pasar desa tersebut,” kata Anwari Senin (01/04/24).

Adapun beberapa kerusakan kecil seperti plafon, lantai, pintu, pemasangan listrik, dan lainnya. Hal itu segera diperbaiki agar bisa dimanfaatkan oleh para pedagang. Rencana adanya perbaikan tersebut telah mendapat dukungan positif dari para pedagang. Menurutnya, bangunan itu harus dirawat, dipelihara dan itu harus dianggarkan. Kalau untuk membangun itu mudah saja, tapi kalau merewat harus sepanjang usia bangunan itu sendiri.

Usai melakukan revitalisasi, pihaknya juga akan melakukan pendataan para pedagang, penataan, dan dilanjutkan dengan penertiban serta pemberdayaan. “Sehingga pasar desa ini berjalan optimal, dan memberikan kenyamanan, keamanan bagi penjual maupun pedagang. Kami berharap dengan perbaikan ini juga dapat menjadi upaya Disperindag membantu meningkatkan PADesa melalui retribusi pasar.” tutupnya. []

Redaksi08/adv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com