Kinerja Pj Gubernur Kaltim Kembali Dievaluasi

JAKARTA – PENJABAT (Pj) Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik menjalani Evaluasi Kinerja Triwulan II Periode Januari-Maret 2024 di Gedung Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta, Senin (01/04/2024). Evaluasi kinerja ini menyusul kinerja Pj Gubernur Kaltim usai dilantik pada Oktober 2023 lalu.

Dalam evaluasi yang dipimpin Staf Khusus Kementerian Dalam Negeri Kastorius Sinaga, Inspektur I Rustam Masur, Inspektur III Elfin Elyas, dan Direktur EKPD Ditjen Otda Imelda, Akmal Malik didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltim Sri Wahyuni.

Tampak hadir pula Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim Yusliando, Inspektur Inspektorat Kaltim M Irfan Pranata, Kepala Biro Administrasi Pembangunan Irhamsyah, unsur Biro Pemerintahan Kasmawati, Kepala Badan Penghubung Pemprov Kaltim Raihan Fida Nuzband dan Tenaga Ahli Pj Gubernur Emeralda Ayu Kusuma.

Usai rapat evaluasi, Pj Gubernur Kaltim Akmal Malik menyampaikan rasa syukurnya telah menyelesaikan evaluasi kinerja triwulan kedua untuk Kalimantan Timur.

“Alhamdulillah, kami sudah melaksanakan evaluasi triwulan kedua untuk Kalimantan Timur. Secara umum kami melaporkan kinerja yang mengalami perbaikan. Baik dari kesehatan dan lainnya indikator-indikator naik semua. Juga pendapatan kita melebihi (target). Kemudian pelayanan publik juga meningkat dengan cukup bagus,” kata Pj Gubernur Akmal Malik.

 

Dia juga menyampaikan, masih ada catatan-catatan yang disampaikan oleh evaluator. Seperti salah satunya, perlu membuat neraca penanganan stunting, kemudian menyiapkan regulasi melalui peraturan gubernur (Pergub).

“Tadi juga diminta penyelesaian persoalan penyediaan air bersih lintas kabupaten,” ungkapnya.

Selanjutnga, Pj Gubernur juga mengapresiasi kegiatan evaluasi yang dilakukan Irjen Kemendagri ini. Menurutnya, pengawasan umum yang dilakukan oleh pemerintah melalui Irjen Kemendagri ini dimaksudkan agar nantinya bisa memperbaiki kinerja pemerintah daerah.

“Pola inilah yang membangun hubungan pusat dan pemerintah daerah akan lebih baik,” bebernya.

“Sekretaris Daerah Kaltim juga menyampaikan banyak hal dan mereka memberikan apresiasi. Secara umum kinerja kami bagus,” pungkasnya. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com