Pemkab PPU Gelar Pasar Murah, Pj Bupati: Penyimbang Harga Barang Kebutuhan Pokok

PENAJAM – PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara menggelar pasar murah di dua lokasi di Kecamatan Penajam, yakni Kelurahan Petung dan Kelurahan Gunung Seteleng.

Pasar Murah yang digelar tiap tahun ini, dijelaskan Penjabat (Pj) Bupati PPU Makmur Marbun merupakan bentuk kepedulian Pemkab PPU kepada warga masyarakat Benuo Taka Serambi Nusantara.

“Pasar murah digelar sebagai penyeimbang harga barang kebutuhan pokok, khususnya selama menghadapi bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri,” kata Pj Bupati Makmur Marbun saat meninjau kegiatan pasar murah tersebut, Selasa (2/4/2024).

Dia juga memastikan bahwa ketersediaan bahan kebutuhan pokok penting (Bapokting) dimasa Ramadhan dan menjelang perayaan hari besar keagamaan (PHBA) Idul Fitri 1445 Hijriah ini relatif aman.

Hal ini berdasarkan pemantauan harga secara rutin ke lokasi pasar-pasar di Kabupaten PPU yang dilaksanakan oleh Pj Bupati bersama Dinas Koperasi, UKM, Perindusterian dan Perdagangan (KUKM Perindag).

“Makanya saya selalu turun ke pasar-pasar untuk mengecek harga sejumlah bahan kebutuhan pokok di sana. Dari sini saya juga dapat mengetahui bahwa bahan kebutuhan pokok kita hingga Idul Fitri mendatang tercukupi dan aman,” tandasnya.

 

Makmur juga memastikan bahwa sejumlah barang kebutuhan pokok yang ada di pasar murah ini harganya srabil dan sangat terjangkau. Animo masyarakat juga sangat tinggi untuk berbelanja di pasar murah.

Dari pantauan, beberapa harga barang kebutuhan pokok di pasar murah tersebut cukup terjangkau. Seperti beras premium yang dijual dengan harga Rp 72 ribu/5 kilogram, beras murah Rp 52 ribu/5 kilogram, minyak goreng Rp 16.500/ liter, gula pasir Rp 17 ribu/kilogram, bawang merah Rp 26 ribu/kilogram. Serta sejumlah harga barang kebutuhan pokok lainnya, relatif harganya cukup stabil. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com