Perayaan Budaya: Festival Palangka 2024 Melestarikan Warisan Lokal

PALANGKA RAYA – Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disparbudpora) Kota Palangka Raya, akan menggelar Festival Palangka Tahun 2024 sebagai upaya untuk melestarikan budaya lokal.

Kepala Disparbudpora Kota Palangka Raya, Iin Hendrayati Idris menjelaskan bahwa festival ini merupakan agenda rutin Pemkot Palangka Raya yang akan dilaksanakan pada tanggal, 23-25 April 2024.

Festival Palangka Tahun 2024 akan menggelar 15 cabang lomba yang meliputi lomba jukung tradisional, Besei Kambe, Habayang, Sepak Sawut, tari tradisional, dan Mangenta. Selain itu, terdapat juga Karungut, Balogo, Malamang, Manyipet, Lawang Sakepeng, masakan tradisional, Mangaruhi, dan lagu daerah.

“Lomba dapat diikuti perorangan maupun beregu, dan para pemenang akan mendapatkan uang pembinaan dan penghargaan. Festival ini juga akan diikutsertakan pada Festival Budaya Isen Mulang tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng, Red),” ujar Iin, Jumat (19/04/2024) kemarin.

Perlombaan akan dilaksanakan di tiga lokasi berbeda yaitu halaman kantor Wali Kota Palangka Raya, bawah Jembatan Kahayan, dan Gedung Olah Seni Kantor Disparbudpora Kota Palangka Raya. Iin juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi menghadiri pergelaran Festival Palangka Tahun 2024 sebagai ajang promosi budaya daerah dan kearifan lokal serta meningkatkan sektor pariwisata.

“Festival Palangka Tahun 2024 bukan hanya memberikan nostalgia bagi masyarakat yang tumbuh besar di daerah tersebut tetapi juga menjadi kesempatan dalam menjaga kelestarian warisan budaya leluhur,” imbuhnya.

Dalam menjaga keanekaragaman budaya dan kearifan lokal, festival bisa menjadi ajang edukasi dan pelestarian yang positif bagi masyarakat dan generasi penerus. Mari dukung Festival Palangka Tahun 2024 sebagai upaya memperkenalkan kekayaan budaya daerah dan meningkatkan sektor pariwisata serta ekonomi kreatif. []

Redaksi07

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com