Warga Muara Badak Akan Segera Memiliki Rumah Sakit Sendiri

KUTAI KARTANEGARA – Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Pemerintah Kabupaten Kukar, melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, tengah giat membangun sebuah Rumah Sakit (RS) di wilayah Kecamatan Muara Badak.

Pelaksana tugas (Plt). Kepala Dinkes Kabupaten Kukar, Kusnandar, mengungkapkan bahwa proyek pembangunan RS tersebut kini memasuki tahap penyelesaian ruang rawat inap dan fasilitas pendukung lainnya. “Kami menargetkan pembangunan ini selesai dalam tahun ini dan RS dapat beroperasi secara bertahap,” ujar Kusnandar pada Sabtu (20/04/2024).

Lebih lanjut, Kusnandar menambahkan, Dinkes Kukar telah menyiapkan segala keperluan pendukung, termasuk tenaga kesehatan dan peralatan medis, agar ketika RS Muara Badak ini rampung, semua aspek pendukung lainnya juga telah siap. Proses perekrutan tenaga kesehatan, menurut Kusnandar, dilakukan melalui jalur Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K), sebagaimana disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kukar, H. Sunggono.

“Kami telah menyiapkan delapan dokter gigi yang bersedia ditempatkan di mana saja, dan jumlah penerimaan P3K akan disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah,” terangnya. Pada tahun 2023, tercatat sebanyak 1.500 tenaga kesehatan P3K telah tersebar di seluruh Kabupaten Kukar.

“Untuk tahun ini, kami mendapatkan bantuan tenaga kesehatan dari pemerintah pusat, meskipun jumlah pastinya masih belum ditentukan,” imbuhnya. Kehadiran RS di Kecamatan Muara Badak diharapkan dapat memberikan layanan kesehatan yang lebih baik bagi masyarakat, khususnya di wilayah pesisir. “Ini merupakan langkah maju bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Kukar,” tutup Kusnandar dengan penuh harapan. []

Redaksi08/adv

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com