Rp 11 Miliar untuk Revitalisasi SMP Negeri 5 Samarinda

SAMARINDA – PEMERINTAH Kota (Pemkot) Samarinda bakal menggelontorkan anggaran Rp 11 miliar untuk pembangunan ulang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 5 Samarinda. Demikian hal itu diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Samarinda Asli Nuryadin kepada awak media di Samarinda, Selasa (24/04/2024).

Asli Nuryadin mengatakan, anggaran tersebut telah disiapkan dan akan dialokasikan untuk pembangunan ulang serta revitalisasi berbagai kerusakan yang terdampak saat kebakaran yang melanda SMP Negeri 5 Samarinda, bulan Maret lalu.

“Untuk anggaran telah disiapkan, dan akan segera dialokasikan, masuknya dipergeseran tahun ini,” ucapnya.

Asli juga menambahkan, bahwa rancangan pembangunan ulang SMP 5 ini telah diajukan oleh pihaknya dan telah melalui mekanisme lelang proyek sebelum pelaksanaannya.

“Harusnya tidak lama, InsyaAllah paling lambat bulan Mei ini sudah berjalan. Nantinya pembangunan SMP 5 ini, akan distandarkan dengan sekolah-sekolah model yang sudah ada lebih dulu. Jadi jangan heran, anggaran yang dibutuhkan mencapai Rp11 miliar,” tambahnya.

Meskipun dalam kondisi ruangan yang terbatas, Asli menegaskan, aktivitas belajar mengajar tetap akan dipertimbangkan bersama pihak sekolah.

Ada dua opsi yang diusulkan Asli. Pertama dengan menerapkan double shift atau bergantian. Yang kedua, sebagian siswa dapat dialihkan sementara ke ruang kelas SMP 4 yang berdampingan dengan SMP 5.

“Pihak sekolah SMP 5 memilih opsi pertama. Menurut saya itu pilihan yang tepat, jadi tidak mengganggu aktivitas sekolah lainnya juga, karena siswa kan sebentar lagi mau ujian akhir,”, pungkasnya. []

Penulis: Rangga Satria | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com