Latsitardanus di IKN: Godok Kebersamaan Calon Pemimpin Bangsa

BALIKPAPAN – PROVINSI Kalimantan Timur (Kaltim) dipilih sebagai lokasi Latihan Integrasi Taruna Wreda Nusantara (Latsitardanus) XLIV/2024. Upacara pembukaan latihan tersebut digelar di Lapangan Merdeka Balikpapan, Senin (6/5/2024).

Penjabat (Pj) Gubernur Kaltim Akmal Malik berkenan menghadiri upacara pembukaan tersebut. Dia menyampaikan, dipilihnya Kaltim sangat tepat, mengingat Ibu Kota Nusantara (IKN) telah ditetapkan di Banua Etam ini.

“Seperti harapan pak Presiden, IKN akan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Nah dari IKN ini kita akan menggodok kebersamaan para calon pemimpin bangsa melalui Latsitardanus,” ujar Akmal Malik.

Selanjutnya Akmal Malik yang adalah Purna Praja IPDN/STPDN angkatan 02 serta alumnus Latsitarda 1993, juga menyampaikan pernyataan terimakasih kepada jajaran Akademi Militer TNI, Akpol, Unhan, IPDN dan PSSN yang telah memilih Kaltim sebagai tuan rumah Latsitardanus tahun ini.

“Kami menyampaikan apresiasi tinggi dan sangat berterimakasih kepada Akademi Militer TNI, Polri, Unhan, IPDN dan PSSN karena Kaltim telah dipilih menjadi tuan rumah Latsitardanus XLIV/2024,” katanya.

Kegiatan latihan yang mengangkat tema “Menuju Kalimantan Timur Unggul dan Maju” ini diikuti oleh Taruna Akademi Militer Tentara Nasional Indonesia  (TNI – Matra Darat, Laut dan Udara), Akademi Kepolisian (Akpol), Mahasiswa Universitas Pertahanan (Unhan), Praja Institut Pemerintan Dalam Negeri (IPDN) dan Mahasiswa Politeknik Siber dan Sandi Nasional (PSSN).

Para peserta Latsitardanus ini akan mengerjakan pekerjaan fisik berupa karya bhakti seperti perbaikan mushalla, poskamling, posyandu, jalan kampung, saluran drainase di lingkungan pemukiman dan sebagainya.

Selain kegiatan fisik juga akan melaksanakan kegiatan non fisik seperti penyuluhan kesehatan, penyuluhan lingkungan bersih, penyuluhan bela negara, penyuluhan kegiatan ekonomi kreatif, promosi wisata dan kegiatan terintegrasi lainnya.

Peserta Latsitardanus XLIV/2024 berjumlah 1.847 orang dengan daerah tujuan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kabupaten Paser, Kabupaten Kutai Kertanegara dan Kota Balikpapan. Dan mereka akan melakukan kegiatan lapangan terintegrasi sejak tanggak 6 Mei sampai 5 Juni 2024.

Ribuan pelajar dan masyarakat Balikpapan tampak antusias menyaksikan upacara pembukaan yang dimeriahkan dengan defile pasukan upacara serta atraksi drumcorp integrasi dari Akademi Militer TNI dan Akpol. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com