Pj Bupati PPU Dampingi Menko Marves Tinjau Infrastruktur Pendukung IKN

PENAJAM – PENJABAT (Pj) Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Makmur Marbun mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meninjau sejumlah infrastruktur pendukung di kawasan Ibukota Nusantara (IKN), Selasa, (7/6/2024).

Dalam kunjungannya ini, Menko Marves antara lain meninjau progres pembangunan akses tol 5A dan 5B di sisi wilayah PPU, kemudian akses Jembatan Pulau Balang dan Bandara VVIP (Very Very Important Person) IKN di Kelurahan Gersik, Kecamatan Penajam, Kabupaten PPU.

Ditemui usai kegiatan, Pj Bupati Makmur Marbun mengatakan, kunjungan Menko Marves tersebut dalam rangka memastikan progres pembangunan dan sarana pendukung IKN berjalan dengan baik.

“Menko Marves ingin memastikan langsung kemajuan progres sarana pendukung IKN, terutama pembangunan prioritas jelang dilaksanakannya HUT RI 17 Agustus 2024 mendatang di IKN,” ucap Marbun.

Dari hasil peninjauan Menko Marves yang didampingi jajaran Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tersebut, Marbun menjelaskan, sejauh ini tahapan pembangunan di kawasan IKN telah berjalan dengan baik. Bahkan progresnya cukup signifikan dalam mendukung percepatan dan kesiapan HUT RI di IKN.

 

Dia menerangkan, Kabupaten PPU sampai saat ini juga terus berkontribusi dalam mendukung percepatan insfrasturktur IKN. Khususnya pembangunan bandara VVIP IKN yang berada di wilayah PPU.

“Sampai hari ini, untuk bandara VVIP yang ada di PPU hampir seluruh tahapannya clear, termasuk juga dengan reforma agraria terus berjalan,” bebernya

Kemudian lanjut Marbun, untuk akses tol 5A dan 5B di wilayah PPU juga tidak mengalami kendala. Artinya sudah berproses, tinggal tol 6A dan 6B yang memerlukan penyesuaian regulasi melalui peraturan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) sebagai payung hukum untuk menyelesaikan dampak sosial masyarakat yang ada di sisi tol IKN tersebut.

“Penyelesaian dampak sosial ini harus sesuai regulasi, dan berjalan dengan cepat karena waktu kita untuk pelaksanaan HUT RI , dan penyelesaian dampak sosial harus berjalan sesuai yang diinginkan sehingga tidak ada masyarakat yang dirugikan,” tutupnya.

Turut hadir mendampingi dalam kunker Menko Maves, Kepala OIKN, Bambang Susantono, Kapolda Kaltim, Irjen Pol Nanang Avianto, Pangdam VI Mulawarman, Mayjen Tri Budi Utomo, jajaran PUPR, Bank Tanah, serta sejumlah unsur terkait. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Subur Priono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com