Komunitas Digital Bhuana Jaya Gelar Sosialisasi Literasi Digital

KUTAI KARTANEGARA – PENERAPAN literasi digital dapat membuat masyarakat jauh lebih bijak dalam menggunakan serta mengakses teknologi. Dalam bidang teknologi, khususnya informasi dan komunikasi, literasi digital berkaitan dengan kemampuan penggunanya.

Selain itu Kemampuan untuk menggunakan teknologi sebijak mungkin demi menciptakan interaksi dan komunikasi yang positif serta Penguasaan Teknologi harus terus ditingkatkan agar skill dan kemampuan masyarakat kita meningkat lebih baik.

Berkaitan dengan hal tersebut, Komunitas Digital Desa Bhuana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar Sosialisasi Literasi Digital dengan team Etika dan Budaya Dalam Bermedia Sosial.

Kegiatan yang dirangkai dengan pelatihan Microsoft Word itu menyasar para pengurus Rukun Tetangga (RT), khususnya 23 sekretaris RT Desa Bhuana Jaya. Kegiatan tersebut diadakan di Gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Bhuana Jaya, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kukar, Minggu (12/05/2024).

Ketua Komunitas Digital Desa Bhuana Jaya Panji Dian Djatmiko menjelaskan, program pelatihan tersebut bertujuan agar masyarakat dapat bijak dan beretika dalam bermedia sosial.

“Etika dan budaya bermedia sosial kami sharing, bagaimana menggunakan bahasa yang baik, menghindari penyebaran SARA, pornografi dan aksi kekerasan, Berhati-hati dalam membeli barang di online, kroscek kebenaran berita dan menghargai hasil karya orang lain,” katanya.

Selain sosialisasi literasi digital lanjut Panji, pihaknya juga mengadakan pelatihan penggunaan Microsoft Word. Pelatihan yang ditujukan kepada 23 orang sekretaris RT di Desa Bhuana Jaya itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dasar-dasar dalam pengoperasian komputer, khususnya Microsoft Word.

“Sehingga memudahkan mereka dalam pembuatan laporan RT dan surat menyurat,” ujar Panji.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa Bhuana Jaya Frend Effendy, Ketua BPD Bhuana Jaya Eko Widodo, Duta Digital Setia Budi serta narasumber materi Literasi Digital adalah Suwondo dan narasumber Pelatihan Microsoft Word adalah Rigan Syahrani.

Panji menambahkan, pelaksanaan Sosialisasi Literasi Digital dan Pelatihan Microsoft Word ini merupakan bagian dari Program Desa Cerdas Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) Sub Komponen 2C2, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. []

Penulis: Achmad Al Miftah | Penyunting: Agus P Sarjono

One comment

  1. Beritanya bagus. Tapi kasih backlink ke web desanya dong. Buat mengangkat rating desanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com