Puji Setyowati Sosialisasi Perda No 2/2022 di Sempaja Selatan

PARLEMENTARIA KALTIM – WAKIL Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Puji Setyowati menyambangi Perumahan Bumi Sempaja, Jalan PM Noor, Kelurahan Sempaja Selatan, Kecamatan Samarinda Utara, Samarinda, Minggu (12/05/2024).

Kedatangan Puji di sana adalah untuk melaksanakan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga.

Di hadapan warga Rukun Tetangga (RT) 01 dan RT 02 Sempaja Selatan, dia memaparkan salah satu fungsi DPRD adalah legislasi dan Perda yang disosialisasikan merupakan inisiasi dari DPRD Kaltim.

“Salah satu tugas pokok anggota DPRD yakni membuat Perda, bisa inisiatif dari pemerintah atau inisiatif DPRD Kaltim. Tapi prosesnya tidak mudah,” ujar wakil rakyat dari daerah pemilihan Samarinda ini.

Dia mengungkapkan, alasan DPRD Kaltim mengajukan dan membuat Perda No 2 tahun 2022 karena melihat data Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim. Di mana angka perceraian masih tinggi. Karenanya kata dia, jika tidak ada Perda yang mengatur, maka dalam jangka panjang akan berdampak buruk bagi bangsa dan negara.

“Dari data di DKP3A ternyata angka perceraian di Kaltim sangat tinggi dan dampaknya juga sangat luar biasa. Ini menjadi alasan kami membuat Perda agar ada proteksi, jangan sampai dampaknya mempengaruhi kemajuan sumber daya manusia,” kata politisi Partai Demokrat ini.

Anggota dewan yang juga duduk di posisi anggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Kaltim ini meminta kerja sama masyarakat agar Perda tersebut bisa berjalan maksimal, supaya dapat diterapkan dalam lingkungan keluarga masing-masing.

“Kami ingin Perda ini membawa dampak positif kepada kita semua, sehingga kita punya struktur keluarga yang jelas. Ada perkawinan yang sah menurut agama, dan memenuhi syarat pernikahan,” tutur Puji.

 

Pada sosialisasi tersebut, Ketua Fraksi Demokrat-Nasional Demokrat (Nasdem) ini didampingi dua narasumber, yakni akademisi Universitas Mulawarman (Unmul) Warnatun Najidah dan advokat dari Samarinda Gabriel Gaja Tukan.

Puji berharap, melalui Sosper ini masyarakat dapat memahami perlunya ketahanan keluarga yang dibentuk dalam diri setiap individu yang akan menjadi penerus bangsa. “Kami berharap semoga bisa menyaksikan putra-putri kita untuk bisa menjadi pemimpin di Kaltim yang kita cintai ini,” pungkasnya. []

Penulis: Guntur Riyadi | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com