Siapkan Tenaga Kerja Konstruksi Bersertifikat, Dinas PUPR Pera Gelar Pelatihan

SAMARINDA – DALAM rangka mencetak tenaga kerja konstruksi lokal yang bersertifikat dan kompeten, Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perumahan Rakyat (DPUPR-Pera) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi (TKK) Kualifikasi Ahli dan Asesor Tahap IV, di Hotel Puri Senyiur Samarinda, Senin (13/5/2024).

“Kami ingin menghasilkan tenaga kerja konstruksi dan asesor yang kompeten. Karena konstruksi berkualitas dihasilkan oleh tenaga ahli yang kompeten dan sumber daya manusia berkualitas,” kata Kepala Bidang Bina Konstruksi DPUPR Pera Kaltim Sri Rejeki saat membuka Pelatihan dan Sertifikasi TKK Kualifikasi Ahli dan Asesor Tahap IV.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, lanjut Lily sapaan akrab Sri Rejeki, adalah untuk mengurangi kesenjangan ketenagakerjaan di sektor konstruksi. Serta mempersiapkan TKK lokal yang bersertifikat dan kompeten.

“Penyelenggaraan pelatihan dan sertifikasi tenaga ahli konstruksi dilaksanakan sesuai norma, standar, prosedur dan kriteria yang ditetapkan oleh pemerintah pusat. Dilaksanakan DPUPR Pera Provinsi Kaltim dan uji kompetensi melalui sertifikasi dilaksanakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi,” jelasnya.

Pelaksanaan pelatihan dan fasilitasi sertifikasi tenaga kerja menjadi program prioritas pengembangan jasa konstruksi sebagai strategi peningkatan mutu dan daya saing tenaga kerja. Hal tersebut sesuai dengan Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kaltim Tahun 2024 – 2026 dalam mewujudkan SDM berdaya saing.

Penting diketahui, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) sampai tahun 2023 tenaga kerja yang bekerja pada sektor konstruksi berjumlah 118.658 orang. Didominasi oleh tingkat pendidikan SD, SMP dan SMA sebanyak 106.350 orang dan Perguruan Tinggi sebanyak 12.308 orang. []

Penulis: Himawan Yokominarno | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com