Jadi Tuan Rumah Porda VI Perpamsi Kaltim, Sekda PPU Minta Segera Dikordinasikan

PENAJAM – KABUPATEN Penajam Paser Utara (PPU) bakal menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga Daerah (Porda) Persatuan Perusahaan Air Minum Seluruh Indonesia (Perpamsi) ke-VI tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Tahun 2024, mulai 22-27 Juni 2024 mendatang.

Perihal ini disampaikan saat rapat ekspos persiapan Porda VI Perpamsi Tahun 2024 Kaltim di Kabupaten PPU yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) PPU Tohar.

Rapat yang dilaksanakan di Kantor Bupati PPU, Penajam, Selasa (14/5/2024) itu juga dihadiri Dirut Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Danum Taka PPU Abdul Rasyid, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) PPU Arfan dan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) PPU.

Dalam arahannya, Sekda PPU Tohar menekankan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan ini agar dapat segera mengkordinasikan yang berkaitan dengan rencana kegiatan tersebut. Karena menurutnya semua kegiatan ada penanggung jawabnya sehingga lalulintas komunikasi dan koordinasi termasuk intruksi dapat terlaksana dengan jelas.

“Saya minta segera buat kepanitiaan terkait Porda Perpamsi ini, mulai pembukaan hingga penutupan, terkait teknis cabang olahraga yang akan dipertandingkan dan sebagainya. Mumpung masih ada waktu yang cukup panjang,” kata Tohar.

Menurutnya, terkait persiapan kegiatan tersebut PPU sebagai tuan rumah banyak hal yang harus segera dikoordinasikan. Seperti yang menyangkut keamanan, kesehatan, dan sebagainya. Termasuk fasilitas tempat penginapan bagi seluruh atlit dan pendamping nantinya, seperti apa dan sebatas apa yang mampu diupayakan.

Lanjut Tohar, poin terkait even tersebut adalah pertandingan. Maka sesungguhnya fokus sebagai tuan rumah adalah cabang olahraga dan atlit yang perlu dipersiapkan lebih awal. Namun demikian perihal yang lain kata Tohar, tidak kalah pentingnya akan memberikan daya dukung terhadap keseluruhan proses Porda Perpamsi regional Kaltim tersebut.

“Segera lakukan langkah-langkah kongkrit untuk pelaksanaan ini, mulai pembentukan panitia, organ-organ kepanitiaan, koordinator hingga sub koordinator yang akan bergerak sesuai dengan pembinaannya masing-masing,” tutupnya.

Sementara Direktur PDAM Danum Taka PPU Abdul Rasyid mengatakan, bahwa Porda Perpamsi VI akan dihadiri lebih kurang 800 atlit dan official, khusus dari tenaga kerja perusahaan air minum di Kaltim. Kegiatan tersebut rencananya akan dibuka oleh Pj Gubernur Kaltim.

Dikatakan Abdul Rasyid, kegiatan tersebut selain sebagai ajang persiapan di tingkat nasional, juga menjadi momen promosi destinasi wisata di Kabupaten PPU. “Poin terpenting adalah bagaimana turnamen ini sebagai wadah ajang destinasi wisata kita di Kabupaten PPU,” tuturnya.

Kegiatan ini sudah akan dimulai pada 12 Juni 2024 sebagai tahap pendaftaran peserta selanjutnya akan dibuka secara resmi pada 22 Juni 2024 malam. Porda VI Perpamsi 2024 mempertandingkan delapan cabang olahraga. Antara lain bulu tangkis, tenis lapangan, tenis meja, futsal, bola volly, catur, fun bike dan song festival. []

Penulis: Subur Priono | Penyunting: Agus P Sarjono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com